Kabar Buruk! Maarten Paes Terancam Belum Bisa Bela Timnas Indonesia di Putaran 3, PSSI Bilang Begini

Kabar Buruk! Maarten Paes Terancam Belum Bisa Bela Timnas Indonesia di Putaran 3, PSSI Bilang Begini

Olahraga | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 21:25
share

JAKARTA, iNews.id - Maarten Paes terancam belum bisa membela Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. PSSI menjawab beredarnya kabar buruk tersebut.

Penggemar Timnas Indonesia banyak yang berharap kiper berpostur 191 cm itu sudah bisa menjadi lini terakhir pertahanan saat tampil menghadapi lawan-lawan berat pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.

Namun, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, tak bisa menjanjikan kiper keturunan Belanda itu bisa tampil pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasalnya, sang kiper masih terganjal proses persidangan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Penjaga gawang FC Dallas tersebut memang sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak akhir April lalu. Namun, dia belum bisa tampil menjaga gawang Tim Garuda lantaran masih ada proses administrasi yang perlu dilewatinya.

"Masih proses, masih proses. Kita tunggu saja Maarten Paes," jawab Yunus saat ditanya awak media di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

"Kita sih belum tahu (peluang Paes bermain dalam waktu dekat), tetapi kami sudah maksimal kok mengurus Maarten Paes. Tim kami terus bekerja," tuturnya.

Terkait dengan simpang-siur biaya besar untuk persidangan kasus Paes, Yunus mengatakan dirinya tidak mengetahuinya. Dia bahkan bertanya-tanya dari mana informasi tersebut beredar.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangan di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan bertandang ke kandang Arab Saudi pada 5 September 2024. Setelah itu, skuad asuhan Shin Tae-Yong akan menjamu Australia di Tanah Air pada 10 September 2024.

Tim Garuda kemudian akan melewati dua laga tandang pada Oktober 2024. Bahrain akan menjadi destinasi pertama pada 10 Oktober dan kemudian Skuad Garuda akan menghadapi China pada 15 Oktober 2024.

Setelah melakoni dua laga tandang, Timnas Indonesia akan melewati dua laga kandang kontra Jepang pada 14 November 2024, dan Arab Saudi, lima hari kemudian.

Yunus mengatakan, PSSI tengah melakukan proses pemanggilan pemain keturunan untuk putaran ketiga ini.

"Kami juga tetap berharap masih ada pemain-pemain (keturunan) yang bisa mengisi skuad untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia tanggal 5 dan 10 September dan juga bulan November nanti," ucapnya.

Topik Menarik