Berlangsung Dramatis, Timnas Spanyol Melaju ke Semifinal Euro 2024 Usai Kalahkan Jerman 2-1

Berlangsung Dramatis, Timnas Spanyol Melaju ke Semifinal Euro 2024 Usai Kalahkan Jerman 2-1

Olahraga | pandeglang.inews.id | Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:40
share

STUTTGART, iNewsPandeglang.id - Timnas Spanyol berhasil melaju ke semifinal Euro 2024 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 dalam laga perempat final yang digelar di Stuttgart Stadium pada Jumat (5/7/2024) malam WIB. Gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Mikel Merino pada menit ke-119 babak perpanjangan waktu.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Spanyol langsung menggebrak begitu pertandingan dimulai. Pada menit pertama, Pedri hampir mencetak gol, tetapi tendangannya mengarah tepat ke pelukan Manuel Neuer.

Pada menit ke-12, Lamine Yamal nyaris mencetak gol lewat tendangan bebas yang mengarah tipis ke sisi kanan gawang. Peluang demi peluang terus diciptakan oleh Spanyol, namun belum ada yang berhasil membuahkan gol.

Jerman juga tidak tinggal diam. Pada menit ke-20, Kai Havertz hampir mencetak gol dengan tandukan yang menyambut umpan Joshua Kimmich, tetapi Unai Simon berhasil mengamankan bola. Peluang emas lainnya diperoleh Havertz pada menit ke-34, tetapi sepakannya juga berhasil diamankan oleh Simon.

Spanyol pun kembali mengancam lewat Nico Williams pada menit ke-37, tetapi tendangannya berhasil ditepis oleh Neuer. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Spanyol terus menekan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-51 ketika Dani Olmo berhasil mencetak gol setelah menerima umpan tarik dari Lamine Yamal, membawa Spanyol unggul 1-0.

Jerman berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-76, Niclas Fullkrug hampir mencetak gol, tetapi sontekannya membentur tiang gawang.

Pada menit ke-89, Florian Wirtz berhasil mencetak gol dengan tendangan volinya, menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Babak Tambahan Waktu

Pertandingan berjalan alot di babak perpanjangan waktu. Spanyol baru mengancam pada menit ke-103 lewat tendangan melengkung Mikel Oyarzabal yang menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-117, Jerman hampir mencetak gol lagi dari tandukan Fullkrug yang ditepis Simon. Namun, Spanyol akhirnya mampu mencuri gol kemenangan pada menit ke-119 lewat tandukan Mikel Merino yang menyambar umpan manis Dani Olmo, memastikan kemenangan Spanyol dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3) : Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand (Nacho Fernandez 46), Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rodri, Fabian Ruiz (Joselu 102), Pedri (Dani Olmo 80); Nico Williams (Mikel Merino 80), Lamine Yamal (Ferran Torres 67), Alvaro Morata (Mikel Oyarzabal 80).

Cadangan: David Raya, Alex Remiro, Nacho Fernandez, Dani Vivian, Mikel Merino, Joselu, Dani Olmo, Ferran Torres, Alex Grimaldo, Alex Baena, Martin Zubimendi, Mikel Oyarzabal, Jesus Navas, Fermin Lopez, Ayoze Perez.

Pelatih: Luis De La Fuente

Jerman (4-5-1) : Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah (Thomas Muller 80), David Raum (Maximillian Mittlestad 57); Toni Kroos, Emre Can (Robert Andrich 46), Jamal Musiala, Ilkay Gundogan (Niclas Fullkrug 57), Leroy Sane (Florian Wirtz 46), Kai Havertz (Waldemar Anton 90).

Cadangan: Oliver Baumann, Marc Andre Ter Stegen, Pascal Gross, Niclas Fullkrug, Chris Fuhrich, Thomas Muller, Maximilian Beier, Nico Schlotterbeck, Waldemar Anton, Florian Wirtz, Maximillian Mittelstadt, Benjamin Henrichs, Robert Andrich, Robin Koch, Deniz Undav.

Pelatih: Julian Nagelsmann

Topik Menarik