Jepang Akui Ngeri Jumpa Timnas Indonesia, Bawa-Bawa Suporter Garuda

Jepang Akui Ngeri Jumpa Timnas Indonesia, Bawa-Bawa Suporter Garuda

Olahraga | inews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 17:00
share

KUALA LUMPUR, iNews.id - Jepang menyebut Timnas Indonesia sebagai ancaman di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka juga deg-degan dengan teror suporter Garuda.

Federasi sepak bola Asia (AFC) melangsungkan drawing atau undian grup round tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia menempati Grup C bersama Jepang, Australia, China, Bahrain, dan Arab Saudi.

Jepang, Australia, dan Arab Saudi menjadi tiga tim di Grup C yang kerap tampil di Piala Dunia. Ketiga tim tersebut akan jadi momok buat skuad Garuda.

Tapi di sisi lain, Direktur Tim nasional Federasi sepakbola Jepang (JFA), Masakuni Yamamoto tak jemawa. Dia bahkan mengakui Timnas Indonesia merupakan ancaman untuk timnya.

"Saya mendapatkan kesan bahwa kami berada di grup yang sangat sulit. Pertandingan di Jakarta melawan Indonesia sangat menantang buat kami. Kami tahu gairah suporter Indonesia dan kami melihatnya sebagai sebuah kesulitan,” kata Masakuni Yamamoto dikutip dari Youtube Harimau Malaya, Jumat (28/6/2024).

“Kami tahu betapa pesatnya perkembangan Indonesia belakangan ini, dan itu juga menjadi ancaman buat kami. Kami memperkirakan pertandingan yang sulit melawan Indonesia,” ujarnya.

Timnas Indonesia sempat berhadapan dengan Jepang di fase grup Piala Asia 2023. Namun, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 1-3 dari tim yang dilatih Hajime Moriyasu itu.

Round tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia memainkan sistem kandang tandang. Artinya setiap tim akan memainkan 10 pertandingan untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

Juara dan runner-up dari masing-masing grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan perjalanan di putaran keempat.

Timnas Indonesia akan memulai perjalannya di round tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September 2024. Tim besutan Shin Tae-yong itu akan bertandang ke Arab Saudi (5/9) dan menjamu Australia (10/9).

Skuad Garuda baru akan menghadapi Jepang pada November mendatang. Nantinya, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tim tuan rumah terlebih dahulu.

Topik Menarik