Mathew Baker dan Lucas Raphael Lee Dapat Nilai Berbeda dari Coach Nova Arianto

Mathew Baker dan Lucas Raphael Lee Dapat Nilai Berbeda dari Coach Nova Arianto

Olahraga | inews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 10:57
share

SOLO, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto memberikan penilaian berbeda kepada dua pemain keturunan, Mathew Baker dan Lucas Raphael Lee, di Piala AFF U-16 2024. 

Timnas Indonesia U-16 melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2024 dengan status juara Grup A. Kepastian itu didapat setelah Skuad Garuda Muda menang telak 6-1 atas Laos U-16 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Selama pertandingan di fase grup, Baker dan Lucas telah diberikan kesempatan bermain. Diketahui, Baker sudah tampil dua laga bersama Timnas Indonesia U-16, sementara Lucas bermain satu kali.

Menyoal performa dua pemain diaspora itu, Nova mengakui Baker dan Lucas telah mengeluarkan penampilannya secara maksimal. Namun eks pemain Persib Bandung ini memberikan kredit lebih kepada Baker karena pemain Melbourne City itu tampil oke di tiga posisi berbeda.

“Kalau secara penampilan keduanya sudah berusaha maksimal,” kata Nova dalam konferensi pers usai pertandingan kontra Laos.

“Tapi Baker memang mempunyai lebih punya keunggulan karena dia bisa bermain di tiga posisi. Pertama di bek tengah, kedua di fullback kiri, dan terakhir tadi kita coba di gelandang bertahan,” tuturnya.

Sementara Lucas, Nova tidak meragukan kualitas individunya. Tapi yang menjadi catatan, pemain De Anza Force itu masih harus meningkatkan kondisi fisiknya.

Untuk itu, Nova mengatakan bakal terus memberikan kesempatan kepada dua pemain diasporanya, terkhusus Lucas. Asisten Shin Tae-yong ini sangat berharap Baker dan Lucas bisa menjadi tumpuan untuk Skuad Garuda Muda.

“Kalau Lucas ini secara individu juga punya kualitas baik tetapi memang dia butuh meningkatkan kondisi fisiknya, karena saya lihat fisiknya belum bisa menyamai dengan teman-teman yang lainnya,” paparnya.

“Harapannya Lucas pasti bisa terus berkembang ya dengan nanti setiap pertandingan yang akan kita jalani. Kita akan mencoba Lucas lagi agar secara kualitas bisa atau secara fisik bisa menyamai teman-temannya. Harapannya Lucas dan Baker bisa menjadi salah satu tumpuan kita ke depannya,” tandas Nova.

Topik Menarik