Hasil Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Segrup dengan 3 Raksasa Asia

Hasil Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Segrup dengan 3 Raksasa Asia

Olahraga | semarang.inews.id | Kamis, 27 Juni 2024 - 15:10
share

KUALA LUMPUR, iNewsSemarang.id – Hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia telah diketahui. Timnas Indonesia segrup dengan tiga raksasa Asia yakni Jepang, Australia dan Arab Saudi. 

Sebelum pengundian di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024), Presiden FIFA Gianni Infantino mendapat kesempatan memberi sambutannya melalui video.

“Selamat datang pada drawing Piala Dunia 2026. Selamat juga buat 18 tim yang sudah melangkah sejauh ini. Dan semoga beruntung pada kontes mendatang,” katanya. 

Penentuan undian ini didasarkan pada ranking FIFA terkini setiap negara per 20 Juni 2024. Ada enam pot yang masing-masing berisi tiga tim mengisi tiga grup di putaran ketiga. Indonesia berada di pot keenam. 

Setiap grup berisi satu tim dari masing-masing enam pot tersebut. Pengundian dimulai dari Pot 6 dan diakhiri dengan Pot 1, dengan masing-masing tim yang ditarik ditempatkan pada posisi yang sesuai secara berurutan di Grup A, lalu B, lalu C.

Striker legendaris Timnas Jepang, Shinji Okazaki dan mantan gelandang Timnas Iran Mehdi Mahdavikia menjadi bintang tamu dalam acara pengundian tersebut yang bertugas melakukan pengundian.

Dalam pengundiannya, Indonesia tergabung di Grup C bersama China, Bahrain, Arab Saudi, Australia dan Arab Saudi. 

Matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan digelar pada 5 September mendatang. 

Asia dipastikan mendapat jatah delapan tempat di Piala Dunia FIFA 2026 yang kontestannya diperluas menjadi 48 tim untuk pertama kalinya. Turnamen paling bergengsi di dunia ini akan digelar bersamaan di tiga negara, Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

 

Pada putaran ketiga, dua tim teratas dari tiga grup yang ada akan mendapat tiket lolos ke Piala Dunia 2026. 

Sementara tim peringkat ketiga dan keempat dari masing-masing grup – total enam – akan maju ke putaran keempat yang akan dipertandingkan dalam dua grup yang terdiri dari tiga tim dalam format round robin tunggal. Nantinya, masing-masing juara grup (2 tim) akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan dua tim peringkat kedua akan berhadapan dalam pertandingan kandang dan tandang untuk mendapatkan hak melakoni babak Playoff Interkontinental untuk memperebutkan tempat terakhir yang tersedia. 

GRUP A
Iran
Qatar
Uzbekistan
Uni Emirat Arab
Kirgistan
Korea Utara

GRUP B
Korea Selatan
Irak
Yordania
Oman
Palestina
Kuwait 

GRUP C
Jepang 
Australia
Arab Saudi
Bahrain
China
Indonesia


 

Topik Menarik