Hasil Euro 2024: Kalahkan Portugal 0-2, Tim Debutan Georgia Pastikan Diri Lolos 16 Besar

Hasil Euro 2024: Kalahkan Portugal 0-2, Tim Debutan Georgia Pastikan Diri Lolos 16 Besar

Olahraga | bandungraya.inews.id | Kamis, 27 Juni 2024 - 08:50
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Simak hasil bola tadi malam, Kamis (27/6/2024) dalam pertandingan Euro 2024 yang akan dibahas dalam artikel ini.

Timnas Georgia memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Timnas Portugal dalam laga terakhir Grup F. Dalam laga yang berlangsung di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Jerman itu, Cristiano Ronaldo cs tumbang dengan skor 0-2.

Bagi Timnas Portugal, hasil itu tak berarti apa-apa karena sebelumnya mereka sudah pasti lolos ke 16 besar dengan menjadi juara grup. Namun, kekalahan tersebut tetaplah memalukan mengingat Georgia adalah tim yang baru pertama kali tampil di ajang Euro.

Sementara itu, kemenangan 2-0 atas Portugal menjadi sangat penting untuk Georgia. Sebab tambahan tiga poin tersebut membuat tim berjuluk Jvarosnebi itu memastikan diri lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Jalannya pertandingan, Timnas Portugal benar-benar dibuat kaget dengan gol cepat Georgia. Bagaimana tidak, gol Kvaratskhelia dicetak saat laga baru berjalan dua menit.

 

Tentunya dengan hasil itu, pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez harus berpikir keras agar timnya bisa membalikkan keadaan, atau setidaknya menyamakan kedudukan di babak kedua nanti. Sejauh ini, Portugal tampak kesulitan menembus pertahanan tim debutan di Euro 2024 tersebut.

Secara statistik, Portugal menguasai 72 persen penguasaan bola. 11 peluang nyatanya berhasil diciptakan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Namun, hanya 3 peluang yang tepat ke gawang Georgia. Termasuk di antaranya percobaan tendangan bebas Ronaldo yang masih mampu diatasi kiper Georgia, Mamardashvili.

Ronaldo pun beberapa kali menciptakan peluang, namun pertahanan Georgia masih terlalu rapat. Padahal banyak yang menantikan gol Ronaldo di Euro 2024 ini.

Maklum saja, dari dua laga Grup F Euro 2024 yang sudah berlangsung, Cristiano Ronaldo belum mencetak gol sama sekali. Ia baru mencatatkan satu assist saja saat Portugal menang 3-0 atas Turki.

 

Portugal sejatinya tak terlalu memikirkan hasil laga melawan Georgia karena sudah menjadi juara Grup F dan lolos ke 16 besar. Namun, tentu Portugal tetap mengincar kemenangan demi menambah rasa percaya diri para pemain sebelum tampil di fase gugur.

Kendati demikian, bukannya bisa mencetak gol, Portugal kembali kebobolan di babak kedua. Melalui penalti yang dicetak Georges Mikautadze, Georgia unggul 2-0 di menit 57.

Ronaldo ditarik pada menit 66. Begitu juga dengan sejumlah pemain utama lainnya. Sebab Roberto Martinez jelas ingin mengistirahatkan para pemain andalannya untuk menghadapi babak 16 besar.

Skor 0-2 itu pun tetap bertahan hingga laga usai. Georgia yang menang finis ketiga dengan 4 poin dan berhak lolos ke 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik.

Topik Menarik