Hasil Euro 2024: Turki Tembus 16 Besar usai Pulangkan Republik Ceko

Hasil Euro 2024: Turki Tembus 16 Besar usai Pulangkan Republik Ceko

Olahraga | inews | Kamis, 27 Juni 2024 - 04:13
share

HAMBURG, iNews.id – Timnas Turki menembus 16 besar Euro 2024 usai mengalahkan Republik Ceko 2-1 pada matchday ketiga Grup F, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. Hasil itu membuat Timnas Republik Ceko harus pulang kampung. 


Jalannya Pertandingan

Turki berhasil mengatasi perlawanan keras dari 10 pemain Republik Ceko di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman. 

Republik Ceko yang merupakan perempat finalis pada Euro 2020, membutuhkan kemenangan untuk mendapatkan peluang melaju. Namun kartu kuning kedua yang diterima gelandang Antonin Barak pada menit ke-20 membuat mereka mendapat pukulan telak.

Di akhir pertandingan yang kacau, pemain Republik Ceko Tomas Chory juga mendapat kartu merah dalam perkelahian saat peluit akhir dibunyikan. Wasit menunjukkan total 18 kartu, dua merah dan 16 kuning, untuk mencetak rekor Euro baru.

Kedua tim menekan keras sejak awal dalam suasana yang riuh di malam yang panas. Pendukung Turki berbaris menuju pertandingan dan mengalahkan jumlah pendukung Ceko berkat diaspora mereka yang besar di Jerman.

Gelandang Turki Hakan Calhanoglu (10) merayakan golnya ke gawang Republik Ceko pada matchday ketiga Grup F Euro 2024, di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. (Foto: REUTERS)
Gelandang Turki Hakan Calhanoglu (10) merayakan golnya ke gawang Republik Ceko pada matchday ketiga Grup F Euro 2024, di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. (Foto: REUTERS)

Gol playmaker berusia tiga puluh tahun Hakan Calhanoglu pada menit ke-50 adalah yang pertama di Euro ketiganya, memicu kemarahan dan delirium dari para penggemar. Dia mencetak gol dengan tembakan mendatar melewati kiper Jindrich Stanek yang tampaknya mengalami cedera bahu saat melakukan penyelamatan sesaat sebelum. Sang kiper keluar lapangan karena cedera setelah gol tersebut.

Kemudian, Arda Guler mendapat peluang. Namun, pemain muda Real Madrid itu gagal melakukan tembakan jarak dekat untuk memperbesar keunggulan Turki.

Meski bermain 10 orang, Republik Ceko mampu menyamakan skor pada menit ke-66 lewat Tomas Soucek yang memanfaatkan lemparan jauh timnya. 

Turki merespons dengan memburu gawang lawan. Hasilnya, semangat pantang menyerah Turki membuat mereka memenangkan pertandingan jelang bubaran. Cenk Tosun menjadi penentu kemenangan negeri yang memiliki Selat Bosphorus itu pada menit ke-90+4. 

Hasil tersebut menghapus kenangan kelam Turki di Euro 2020 di mana mereka pulang setelah kebobolan delapan gol dalam tiga kekalahan.

Turki finis kedua di belakang Portugal di Grup F dengan sama-sama mengepak enam poin. Mereka akan menghadapi Austria di babak 16 besar pada 2 Juli di Leipzig.

Portugal sudah dijamin menempati posisi teratas grup tetapi kalah 0-2 dari Georgia, yang lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

SUSUNAN PEMAIN
REPUBLIK CEKO (3-4-2-1)
Stanek (Kovai 55’); Holes, Hranac, Krejci; Coufal, Soucek, Provod (Lingr 75’), D Jurasek (Jurasek 81’); Barak, Hlozek Chory 55’); Chytil (Kuchta 55’)
Pelatih: Ivan Hasek

TURKI (4-2-3-1)
Gunok; Muldur, Akaydin, Demiral, Kadioglu; Ozcan (Ayhan 46’), Yuksek (Yokuslu 63’); Guler (Tosun 75’), Calhanoglu (Kokcu 87’), Yildiz (Akturkoglu 76’); Yilmaz
Pelatih: Vincenzo Montella

Topik Menarik