Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Curi 1 Poin dari Arab Saudi

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Curi 1 Poin dari Arab Saudi

Olahraga | semarang.inews.id | Jum'at, 6 September 2024 - 03:30
share

JEDDAH, iNewsSemarang.id Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Timnas Indonesiaberhasil mencuri satu poin dari markas Timnas Arab Saudi di laga perdana Grup C babak ketiga, Jumat (5/9/2024) dini hari WIB. Bermain di King Abdullah Sport City, Jeddah, satu poin itu direbut Skuad Garuda usai menahan tuan rumah 1-1.

Satu gol Timnas Indonesia itu diciptakan oleh Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19. Sementara Arab Saudi mampu membalas lewat Musab Al-Juwayr di menit 45+3.

Menariknya Timnas Indonesia nyaris kalah jika Maarten Paes tak gagalkan tendangan penalti Salem Al-Dawsari di menit 79. Namun, penalti itu pun tercipta karena blunder Paes yang lakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Babak Pertama
Timnas Indonesia awalnya tampil di bawah tekanan oleh tim tuan rumah. Namun, di pertengahan laga pasukan Shin Tae-yong berhasil keluar dari tekanan dan mulai mencoba membangun serangan.

Lalu tak lama gol pun tercipta. Gol tersebut tercipta berawal dari umpan Witan Sulaeman kepada Ragnar Oratmangoen.

Ragnar lantas mencoba menahan bola sebelum akhirnya melepaskan tendangan. Menariknya bola justru mengenai Sandy Walsh dan arah bola berubah. Perubahan bola itu lantas membuat gawang Arab Saudi kebobolan dan tetap dianggap sebagai gol Ragnar.

Setelahnya Garuda beberapa kali mendapatkan peluang emas. Timnas Indonesia benar-benar memanfaatkan celah dari sisi kiri pertahanan Arab Saudi untuk menekan.

Witan Sulaeman bahkan nyaris mencatatkan namanya di papan skor jika tendangannya tak ditangkap dengan mudah oleh kiper Arab Saudi, Al-Owais. Arab Saudi sejatinya unggul dalam hal penguasaan bola, hingga menyentuh 60 persen penguasaan bola.

Kendati demikian, di penghujung babak pertama Arab Saudi berhasil mencetak gol. Gol tersebut dicetak oleh Musab Al-Juwayr di injury time.

Babak Kedua
Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia mendapatkan tekanan dari Arab Saudi. Tim tuan rumah terus mendominasi, namun pertahanan Garuda masih sangat kuat.

Laga pun sempat berjalan alot di pertengahan babak kedua. Hingga memasuki menit ke-75, skor tak berubah meski kedua tim tampil menyerang.

Timnas Indonesia sejatinya sudah mencoba untuk mencetak gol keduanya. Terbukti Shin Tae-yong mencoba melakukan pergantian pemain.

Seperti Shayne Pattynama yang menggantikan Witan Sulaeman, Lalu Sandy Walsh ditarik untuk digantikan Asnawi Mangkualam. Kemudian Marselino Ferdinan akhirnya juga dimainkan untuk menggantikan Thom Haye yang sempat kesakitan saat ditarik dari lapangan.

Sayangnya, pergantian pemain itu belum berdampak besar untuk permainan Timnas Indonesia. Malahan Timnas Indonesia nyaris kebobolan karena blunder Paes di menit 79 usai melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Beruntung, Paes sukses membayar kesalahannya dengan menepis tendangan penalti Salem Al-Dawsari. Setelah itu, Timnas Indonesia terus mendapatkan tekanan, namun laga tetap berakhir dengan skor 1-1.

Berikut Susunan Pemain:

Timnas Indonesia X (3-5-2): Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes (c), Sandy Walsh; Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Thom Haye, Nathan Tjoe-Aon, Calvin Verdonk; Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.
Cadangan: Nadeo, Ernando, Wahyu, Pratama Arhan, Ferarri, Asnawi, Shayne, Marselino, Egy, Ricky, Hokky.
Pelatih: Shin Tae-yong.

Timnas Arab Saudi XI (3-4-2-1): Al-Owais; Hassan, Alawjami, Albulayhi; Sultan Al Ghanam, Musab Al Juwayr; Abdullah Al Khaibari, Al-Harbi; Abdullah Radif, Aldawsaro; Mohamed Kanno.
Pelatih: Roberto Mancini.

Topik Menarik