MotoGP India 2024 Batal Diganti ke Sirkuit di Kazakhstan, Ini Penyebabnya

MotoGP India 2024 Batal Diganti ke Sirkuit di Kazakhstan, Ini Penyebabnya

Olahraga | inews | Rabu, 29 Mei 2024 - 17:19
share

NEW DELHI, iNews.id- MotoGP India 2024 resmi dibatalkan. Nantinya, series MotoGP India digantikan ke MotoGP Kazakhstan.

Balapan MotoGP hadir untuk kali pertama di India pada musim 2023 lalu. Pembalap VR46 Ducati, Marco Bezzecchi, keluar sebagai pemenangnya.

Namun sayang, balapan MotoGP India batal dihelat pada musim 2024 ini. Seri yang sedianya berlangsung pada 20-22 September mendatang itu dipindahkan menjadi seri pembuka atau kedua pada musim 2025 nanti.

FIM, IRTA dan Dorna Sports mengumumkan bahwa Grand Prix India tidak akan berlangsung pada tahun 2024, dengan MotoGP menunda kembalinya ke negara tersebut hingga awal tahun 2025 karena pertimbangan operasional, tulis pernyataan MotoGP dilaman resmi mereka, Rabu (29/5/2024).

Pihak MotoGP menjelaskan bahwa pembatalan MotoGP India 2024 dilakukan karena cuaca yang kurang kondusif pada bulan September di Sirkuit Internasinal Buddh. Oleh karena itu, balapan tersebut dipindahkan menjadi digelar pada awal tahun karena dinilai bakal lebih optimal bagi penonton dan pembalap.

Mengikuti saran dari Pemerintah Uttar Pradesh seiring negara bagian tersebut melanjutkan komitmen jangka panjangnya terhadap MotoGP, olahraga ini akan kembali diadakan di Sirkuit Internasional Buddh pada bulan Maret 2025, ketika kondisi cuaca diperkirakan akan optimal bagi penonton dan pengendara, jelas MotoGP.

Hal senada juga diungkapkan oleh CEO Fairstreet Sports, Pushkar Nath Srivastava, selaku promotor balapan MotoGP India. Kata dia, cuaca di bulan September benar-benar kurang kondusif bagi semua pihak yang terlibat, termasuk para marshall.

Diputuskan bersama untuk memindahkan balapan ke Maret tahun depan. Kami sedang memikirkan minggu pertama atau kedua bulan Maret. Semua pihak yang terlibat, termasuk Dorna, sepakat bahwa cuaca di bulan September tidak kondusif untuk balapan dan membuat kewalahan para pembalap dan marshal, ujar Srivastava dilansir dari Speedweek, Rabu (29/5/2024).

Sebelumnya, MotoGP India 2024 memang sempat dikabarkan bakal batal digelar. Alasannya karena Fairstreet Sports belum bisa melunasi pembayaran kepada vendor-vendor terkait pada balapan tahun lalu, termasuk kepada Dorna.

Di samping itu, MotoGP India 2023 memang telah dihiasi berbagai macam masalah, salah satunya adalah keterlambatan pengeluaran visa bagi para anggota tim dan juga beberapa pembalap hingga mereka telat tiba ke India. Selain itu, pengangkutan logistik ke area trek juga sangat mahal sehingga beberapa tim mengeluhkannya.

Kemudian, cuaca panas memang juga membuat para pembalap sangat kelelahan pada balapan tahun lalu di India. Bahkan, Jorge Martin yang naik podium kedua sampai mengalami dehidrasi dan sangat kepanasan.

Sebagai gantinya, MotoGP Kazakhstan 2024 yang seharusnya digelar pada pertengahan tahun ini tetapi ditunda karena banjir bandang yang melanda kawasan sekitar sirkuit, ditunjuk sebagai penggantinya. Alhasil, balapan di Sokol International Racetrack itu bakal mengisi slot di tanggal 20-22 September nanti.

FIM, IRTA dan Dorna Sports kini dapat mengumumkan tanggal baru untuk Grand Prix Kazakhstan 2024. Banjir di seluruh wilayah menyebabkan acara tersebut ditunda mulai bulan Juni, tulis pernyataan MotoGP.

GP Kazakhstan perdana kini akan berlangsung pada tanggal 20 hingga 22 September sebagai balapan pertama kalender MotoGP 2024 leg Asia, pungkasnya.

Topik Menarik