Deretan Pesawat Intai TNI AU Terbaru, Nomor 3 Punya Daya Tempur di Segala Medan Cuaca

Deretan Pesawat Intai TNI AU Terbaru, Nomor 3 Punya Daya Tempur di Segala Medan Cuaca

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 14:16
share

JAKARTA, iNews.id - Deretan pesawat intai TNI AU terbaru yang menambah daftar alutsista milik Indonesia. Pesawat canggih ini lebih modern dengan kemampuan tak perlu diragukan.

Kekuatan militer Indonesia semakin diperketat dan dibantu dengan upgrade serta penambahan alutsista terbaru yang lebih canggih. Seperti pesawat intai yang digunakan untuk operasi patroli udara TNI AU guna pengamanan dan pemantauan kondisi wilayah.

Inilah 4Pesawat Intai TNI AU Terbaru :

1. CN-235 MPA

CN-235 merupakan salah satu pesawat TNI AU yang diminati banyak negara tetangga sampai beda benua untuk keperluan sipil hingga militer. Bahkan pada 24 Januari 2019, terdapat satu unit pesawat CN-235-220 MPA diserahkan kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk TNI AL.

CN-235 mulai didesain pada tahun 1979 berdasarkan kolaborasi antara IPTN yang sekarang PT Dirgantara Indonesia dan CASA, sekarang Airbus Defense & Space. Kolaborasi tersebut menghasilkan perusahaan baru yakni Aircraft Technology (Airtech) untuk mendesain CN-235.

Pesawat ini tergolong irit dari segi bahan bakar, namun tetap untuk tenaga yang dikeluarkan cukup bisa diandalkan.

CN-235 dipersenjatai dengan mesin yang didukung dua general electric CT7-9C masing-masing 1.7750 SHP (1.870 SHP dengan APR) dan dilengkapi dua baling-baling Hamilton standar HS 14 RF-21.

2. C-295 MPA

C-295 MPA merupakan pengembangan desain dari pesawat CASA CN-235 dengan penambahan lebih dari 50 persen kapabilitas payload dan mesin turboprop baru PW127G.

Pada Maret 2019 lalu, CN-295 MPA garapan PTDI atas pesanan TNI AU menjalani rangkaian uji terbang sebelum diserahterimakan.

Pesawat ini dapat mengangkut hingga 71 pasukan, 49 penerjun payung dengan peralatan lengkap ditambah dengan satu orang penerjun utama.

C-295 MPA terbang pertama pada tahun 1998 dan diproduksi di fasilitas milik Airbus Military yang berlokasi di Bandara San Pablo Airport, Seville, Spanyol.

Pesawat ini memiliki Autonomous Pallet Transfer System (sistem transfer palet kargo otomatis) yang dapat diletakan di bagian belakang pesawat.

APTS memudahkan proses memasukan atau mengeluarkan palet kargo di daerah terpencil tanpa membutuhkan peralatan dukungan darat.

Pesawat
Pesawat intai terbaru TNI AU, salah satunya C-295 MPA. (Foto : TNI AU)

3. F-16 C/D

Pesawat intai TNI AU lainnya yakni F-16 C/D.TNI AU resmi menerima 24 unit pesawat tempur F-16 C/D dari Amerika Serikat dan operasionalnya resmi dilakukan di Skadron Udara 14 pada 28 September 2022.

F-16 C/D Skadron udara 14 didatangkan dari skadron 16. Pesawat intai TNI AU terbaru ini merupakan pesawat modern berteknologi canggih. Sehingga diharapkan dengan adanya F-16 C/D dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AU demi NKRI.

Pesawat F-16 C/D Block 52ID ini memungkinkan penerbang sanggup bertempur siang dan malam di segala kondisi cuaca dan segala macam sasaran.

4. Jet Falcon 7X dan 8X

Jet Falcon 7X dan 8x merupakan bagian dari pembangunan kekuatan TNI melalui program-program pengadaan Alutsista yang canggih dan modern. Falcon 7X dibuat pada 2005, sedangkan Falcon 8X di tahun 2015.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelaskan, perkuatan atau tambahan untuk TNI AU dua pesawat Komando Pengendalian atau Pesawat Kodal yang diperuntukan bagi unsur pimpinan yang diharapkan dapat dengan cepat bergerak, untuk melaksanakan fungsi kepemimpinan.

Dua pesawat ini diterbangkan dari Perancis ke Dubai pada 26 Desember 2022 setelah itu dikirim ke Indonesia. Falcon 7X menyediakan tiga kru awak pesawat meliputi pilot, kopilot dan satu pramugari.

Falcon 7X dapat mengangkut 12 penumpang sedangkan Falcon X8 mampu mengangkut 16 penumpang. Kedua pesawat ini berbeda di ukuran, Falcon X8 memang lebih lebar. Namun kedua pesawat ini dibekali oleh tiga mesin buatan Kanada yang memungkinkan terbang dengan ketinggian 51.000 kaki dengan maximal operating speed mencapai 370 ks/0.9 mach.

Itulah beberapa pesawat intai TNI AU terbaru upgrade dari pesawat seri sebelumnya.

Pesawat
Pesawat intai terbaru TNI AU, salah satunya Jet Falcon 7X. (Foto : Ist)
Topik Menarik