Israel Bombardir Kota Aitaroun di Lebanon, Buat Warganya Mengungsi

Israel Bombardir Kota Aitaroun di Lebanon, Buat Warganya Mengungsi

Global | okezone | Senin, 28 Oktober 2024 - 20:39
share

BEIRUT - Militer Israel meledakkan bangunan di Aitaroun, sebuah kota kecil di Lebanon Selatan. 

Menurut laporan Aljazeera, teror ledakan tersebut memaksa warga sekitar harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Bahkan, Israel mengancam 14 daerah lagi di sekitar Aitaroun yang membuat warganya merasa tak aman dan mengungsi.

Dari video yang berhasil diambil, lebih dari satu bom meledak sekaligus di daerah tersebut, meluluhlantakan banyak bangunan dan fasilitas publik di sana.

Sebelumnya, Lebih dari 100 jet tempur Israel terlibat dalam serangan terhadap Iran pada Sabtu, (26/10/2024), termasuk jet tempur generasi kelima F-35, demikian dilaporkan media Israel. Juru bicara pasukan pertahanan Israel (IDF) mengatakan serangan ini menargetkan fasilitas-fasilitas militer penting Iran.

 

Serangan Israel diawali dengan menargetkan radar di Suriah yang ditujukan untuk “membutakan” kemampuan deteksi Iran. IDF kemudian melancarkan serangan yang menargetkan Teheran dan Karaj, dan lokasi strategis lainnya.

Ledakan terdengar di kedua kota tersebut pada Sabtu dini hari, sementara laporan ledakan lain di Kota Shiraz, yang diduga merupakan gelombang kedua serangan Israel sejauh ini belum dikonfirmasi.

IDF menegaskan operasi tersebut hanya berfokus pada sasaran militer, menghindari fasilitas nuklir dan minyak untuk mencegah eskalasi konflik yang lebih luas.

Topik Menarik