3 Alasan PM Netanyahu Lebih Pilih Donald Trump untuk Menang Pemilu

3 Alasan PM Netanyahu Lebih Pilih Donald Trump untuk Menang Pemilu

Global | sindonews | Senin, 28 Oktober 2024 - 15:15
share

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu diprediksi akan mendukung Donald Trump pada pemilu presiden Amerika Serikat, dibandingkan Kamala Harris. Itu tidak lain karena hubungan personal Netanyahu dengan Trump yang sangat dekat.

3 Alasan PM Netanyahu Lebih Pilih Donald Trump untuk Menang Pemilu

1. Trump Memiliki Pendekatan yang Lebih Lunak kepada Israel

Aviv Bushinsky, seorang komentator politik dan mantan kepala staf Netanyahu, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa "pengalaman Netanyahu dengan Partai Republik sangat bagus... tidak seperti dengan Partai Demokrat yang jauh lebih keras padanya".

Komentar Bushinsky muncul setelah Trump berbicara tentang hubungan pribadinya yang dekat dengan perdana menteri Israel tersebut pada sebuah rapat umum di Georgia pada hari Rabu.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik," kata Trump, yang bertemu dengan Netanyahu di kediamannya di Florida pada bulan Juli. "Kami akan bekerja sama dengan mereka dengan sangat erat."

Hal-hal positif tersebut akan lebih besar daripada kekhawatiran apa pun, kata Bushinsky.

"Saya pikir Netanyahu akan bersedia mengambil risiko ketidakpastian Trump," katanya.

Baca Juga: IRGC: Iran Bersiap Balas Serangan Israel dengan 1.000 Rudal

2. Trump Lebih Populer di Kalangan Warga Israel

Nadav Tamir, mantan diplomat Israel untuk AS, setuju, dengan mencatat bahwa Trump juga jauh lebih populer di kalangan orang Israel daripada saingannya Kamala Harris.

"Di Israel, lebih dari demokrasi liberal lainnya di luar Amerika Serikat, Trump lebih populer daripada Harris," kata Tamir kepada AFP.

3. Dekat dengan Banyak Politikus Partai Republik

Benjamin Netanyahu bersekolah di Cheltenham High School di luar Philadelphia, meraih gelar MBA di MIT, dan bekerja di Boston Consulting Group, tempat ia berteman dengan Mitt Romney. Pemuda Israel yang ambisius itu dikatakan telah mempertimbangkan untuk tetap tinggal di Amerika, memperoleh kewarganegaraan, dan mengubah namanya menjadi Ben Natan.

Ia malah kembali ke Israel untuk memimpin kelompok antiterorisme dan terjun ke dunia politik.

Jika ia tetap tinggal di Amerika Serikat, kemungkinan besar ia akan mengikuti jalur politik juga dan mencalonkan diri untuk jabatan, tetapi bukan presiden karena ia tidak lahir di Israel. Itu tidak menghentikannya dari berkecimpung dalam politik presidensial selama bertahun-tahun, terutama dari Partai Republik. Hal itu paling menonjol pada tahun 2012 ketika ia mendukung kolega lamanya, Romney, yang dimotivasi oleh persahabatan sekaligus permusuhan terhadap Barack Obama.

"Dalam tiga pemilihan presiden sejak saat itu, Netanyahu telah mendukung Donald Trump. Mereka mungkin tidak memiliki kolegialitas seperti Bibi dan Mitt, tetapi didorong oleh kekejaman, ambisi, dan ego," kata Douglas Bloomfield, pengamat Israel, dilansir The Jerusalem Post.

Topik Menarik