Megawati: Saya Anak Bung Karno Ikut Belajar Ide Pikirannya

Megawati: Saya Anak Bung Karno Ikut Belajar Ide Pikirannya

Nasional | okezone | Senin, 28 Oktober 2024 - 18:21
share

JAKARTA - Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan sebagai anak Presiden pertama Soekarno alias Bung Karno, dirinya  ikut belajar ide pikirannya. Hal itu disampaikan dalam acara peresmian Sekretariat DPP Taruna Merah Putih (TMP) di Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (28/10/2024).

"Karena saya anaknya Bung Karno, tapi bukan hanya anaknya, saya mengikuti perjuangannya dalam artian tentunya bukan ikut begitu. Belajar idenya, pikirannya, tingkah lakunya, kebenaran dari apa yang telah dia alami," kata Megawati dalam pidatonya.

Megawati menambahkan bahwa PDI Perjuangan mengajarkan politik sebagai sebuah kehidupan. Ia menekankan bahwa tidak memaksakan seseorang menjadi kader partai.

"Kalau di kami di PDI Perjuangan itu kami membelajarkan yang namanya politik itu kehidupan. Pertanyaan saya kenapa kalian kok mau masuk PDIP Perjuangan? kenapa kalian nggak masuk partai lain saja. Apa yang men trigger (penggerak) kalian ingin masuk ke PDI Perjuangan. Karena saya tidak boleh yang namanya memaksakan orang untuk masuk ke partai kami sukarela," ujarnya.

Megawati pun menyinggung ketika masuk sebagai kader ada yang namanya disiplin partai. Ia mempersilahkan jika ada kader yang tidak disiplin untuk keluar. 

"Tapi, begitu dia masuk maka yang ada disiplin partai. Jadi siapa yang nggak bisa ikut disiplinnya nggak apa-apa keluar saja. Jadi fair jadi masing-masing itu mencari kebenaran di dalam hatinya," ucapnya.

Topik Menarik