Komitmen Sejahterakan Petani, Cagub Ahmad Ali Paparkan Program Pertanian saat Kampanye di Ampibabo

Komitmen Sejahterakan Petani, Cagub Ahmad Ali Paparkan Program Pertanian saat Kampanye di Ampibabo

Nasional | okezone | Senin, 28 Oktober 2024 - 18:33
share

Sulawesi Tengah,Okezone-Calon gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 1 Ahmad HM Ali melakukan kampanye dialogis di Desa Sidole Barat, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) pada Senin, (28/10/2024).

Pada kesempatan itu, Ahmad Ali menyampaikan berbagai program dan visi misi yang akan dikerjakan jika ia bersama Abdul Karim Al Jufri terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur melalui pemilihan serentak 27 November mendatang.

Salah satu program yang jadi andalan dan diterima dengan baik masyarakat adalah program pertanian. Pasangan calon dengan tagline BERAMAL itu ingin memastikan tidak ada lagi petani yang merugi. Ketersediaan benih unggul, pupuk hingga potensi risiko gagal panen bakal dijamin oleh pemerintah.

"Saya berharap ke depan petani menjadi profesi yang menjanjikan kesejahteraan," tutur Ahmad Ali.

Kata dia, ekonomi masyarakat Sulawesi Tengah bisa lebih sejahtera jika sektor pertanian tumbuh dengan baik.

Untuk menumbuhkan sektor pertanian, pemerintah harus memberikan dukungan. Sebab saat ini, banyak petani tidak memanfaatkan lahannya karena dihantui ketakutan gagal panen.

"Saya juga pastikan tidak ada kelangkaan pupuk, kita tidak akan membiarkan tengkulak ambil alih pupuk, pemerintah daerah yang akan ambil dan distribusikan ke petani," katanya.

Setiap lahan pertanian bakal diasuransikan oleh pemerintah daerah. Jika terjadi gagal panen, setiap 1 hektare lahan petani bakal mendapatkan jaminan asuransi senilai Rp6 juta.

"Hasil pertanian dibutuhkan oleh seluruh umat manusia. Petani selalu dirindukan tapi tidak diperhatikan. Petani selalu dibutuhkan tapi tidak diurus, tidak diperhaikan. Kami ingin memastikan ke depan petani harus sejahtera. Kami ingin petani Sulawesi Tengah memberi makan orang-orang di Ibu Kota Nusantara," sebut Suami Nilam Sari Lawira.

Program itu pun disambut baik oleh masyarakat. Ahmad Ali disebut jadi solusi persoalan petani selama ini.

"Programnya bagus, membantu masyarakat. Apalagi kami yang petani ini," tutur Nazum (42 tahun), salah seorang warga.

Bagi Nazum yang seorang petani, selama ini mereka tidak merasakan program dari pemerintah yang pro terhadap pertanian. Olehnya, dia berharap pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim bisa terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur agar dapat merealisasikan programnya. 

Topik Menarik