Wisata Selam Jadi Favorit Gen Z di Indonesia, Ini Destinasi yang Harus Dikunjungi

Wisata Selam Jadi Favorit Gen Z di Indonesia, Ini Destinasi yang Harus Dikunjungi

Terkini | okezone | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 22:26
share

TREN wisata selam di Indonesia saat ini semakin meningkat. Bahkan, gen Z dan milenial mulai melirik wisata yang masuk dalam kategori pariwisata minat khusus ini.

Anggota Dewan Pengawas Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI), Martin Wetik mengatakan, wisata selam mulai meningkat sejak pandemi Covid-19 mulai mereda. Banyak wisatawan yang ingin mencoba hal baru.

“Apalagi setelah masa pembatasan ketat selama Covid-19, orang-orang merasa dikekang. Ketika semua dibuka, terjadi lonjakan permintaan yang signifikan,” ujar Martin saat ditemui dalam acara konferensi pers Deep and Xtreme Indonesia (DXI) 2025, Jakarta, baru-baru ini.

Martin mengatakan alasan wisata selam dilirik gen Z dan milenial karena munculnya destinasi baru. Mulai dari Bali, Bunaken, hingga Raja Ampat yang memiliki keindahan bawah laut luar bisa. 

“Semakin banyak opsi daerah wisata baru, kunjungan wisata akan meningkat, terutama wisata selam,” katanya.

Menurut dia, wisata selam sangat berpotensi mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata selam juga tergolong sustainable travel yang penting dijaga oleh siapa pun.

“Kita harus menjaga keseimbangan keindahan lingkungan hidup, there to explore the beauty gak cuma di laut, tapi di darat dan sangat penting untuk kelangsungan lingkungan hidup dan sustainability-nya,” ucap Martin.

 

Menurut Martin, ada tiga destinasi selam terkenal di Indonesia yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia, yakni Bali, Bunaken, dan Raja Ampat.

“Pertama adalah Bali karena fasilitas wisatanya sangat memuaskan. Artinya, setelah menyelam (diving), bisa berwisata yang lain,” ucapnya.

Selanjutnya, ada Bunaken. Lokasi ini menjadi destinasi selam terbaik di Indonesia karena Sulawesi dikenal sebagai pulau terdalam dengan palung dan lembah.

“Dan yang terakhir ada Raja Ampat yang populer karena memiliki keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia,” katanya.
 

Topik Menarik