Ridwan Kamil Janji Perhatikan Semua Umat Beragama dengan Adil

Ridwan Kamil Janji Perhatikan Semua Umat Beragama dengan Adil

Terkini | okezone | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 11:15
share

JAKARTA - Calon gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) berjanji akan menjadi pemimpin yang adil bagi seluruh umat beragama. Hal itu sebagaimana program keumatan yang telah disusun pihaknya.

"Tadi saya sampaikan program keumatan. Kami akan dukung dan teruskan. Karena sebagai pemimpin harus adil, tadi juga saya sampaikan bahwa umat beragama lain juga akan kami perhatikan," kata RK usai bertemu Mubaliq se-Jakarta, dikutip Sabtu (26/10/2024).

Dalam pertemuan dengan para khatib tersebut, Ridwan Kamil (RK) mengatakan, ia memaparkan program-program keumatan yang akan dijalankan oleh pasangan Ridwan Kamil-Suswono jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, termasuk kesejahteraan khatib.

"Untuk kesejahteraan para khotib yang selama ini memang tidak tersentuh, sudah disepakati. Nanti kami cari, kami hitung untuk diberikan perhatian oleh Pemerintah Provinsi Jakarta di lima tahun ke depan," sambungnya.

Kesejahteraan para khatib, kata RK, layak diperhatikan karena Ridwan Kamil bilang mereka adalah agent of change. Para khatib punya kemampuan untuk bisa memengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat.

"Saya masih ingat pengalaman sebagai Walikota Bandung, saya meminta para khatib untuk berceramah tentang kebersihan. Dalam dua tahun imbasnya bisa kami rasakan. Bandung bisa mendapatkan piala Adipura," katanya.

Bagi RK, ini adalah contoh bagaimana khatib juga bisa memengaruhi masyarakat, karena khatib merupakan bagian dari agen pembangunan. "Termasuk untuk menyampaikan, memviralkan program-program tentang sekolah gratis, pasar sembako murah, tentang dokter keliling untuk lansia dan lain-lain. Karena membangun Jakarta harus berkolaborasi bersama-sama, saya kira esensinya itu. Terima kasih atas dukungannya, mudah-mudahan RIDO bisa menang satu putaran," katanya.

 

Sekadar informasi, dalam kontestasi Pilkada Jakarta, pasangan Ridwan Kamil-Suswono mengusung program keumatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan umat, mempromosikan toleransi, dan memberdayakan masyarakat melalui rumah ibadah untuk mendorong terciptanya masyarakat yang berperadaban luhur.

Beberapa program yang diusung antara lain Kemandirian Ekonomi Rumah Ibadah, yaitu memberikan fasilitas usaha rumah ibadah untuk mengelola usaha mandiri, mendukung operasional pelayanan umat, dan kegiatan sosial secara berkelanjutan.

Selain itu ada program Dana Operasional Rumah Ibadah, yakni dukungan finansial dari pemerintah atau lembaga lain untuk mendukung kegiatan operasional, perawatan, dan layanan sosial di rumah ibadah. Pasangan Ridwan Kamil-Suswono juga mengusung program Jakarta Harmoni, mendorong ruang bagi tokoh agama, pemuda, dan masyarakat umum dari berbagai agama untuk berdialog, berbagi perspektif, serta bekerja sama.

Topik Menarik