Banjir Terjang Mamuju Sulbar, 321 KK Terdampak

Banjir Terjang Mamuju Sulbar, 321 KK Terdampak

Terkini | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:48
share

JAKARTA - Sebanyak 321 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, pada Senin 21 Oktober 2024 pukul 20.00 WITA. Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung lama sehingga menyebabkan Sungai Leling meluap.

Akibat luapan Sungai Leling sebanyak tiga desa terendam, adapun Desa yang terendam meliputi Desa Leling Barat dan Desa Leling Induk dan Desa Sandana di Kecamatan Tommo.

"Selain 321 KK terdampak, tercatat sebanyak 321 unit rumah, dua fasilitas ibadah dan tiga fasilitas pendidikan terendam serta satu unit jembatan putus,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Kamis (24/10/2024).

BPBD Kabupaten Mamuju sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan pendistribusian bantuan logistik untuk para warga terdampak serta mengerahkan tim SAR gabungan untuk melakukan evakuasi warga yang masih terjebak dengan menggunakan perahu karet karena akses jalan yang masih terendam.

Dilaporkan kondisi terkini banjir di tiga desa terdampak sudah berangsur surut dan para warga sudah mulai membersihkan rumahnya dari material lumpur dan sampah yang terbawa oleh arus banjir.

Topik Menarik