Lama Tak Terdengar, Pramudya Kusumawardana Kini Duet dengan Bidadari Bulu Tangkis Australia Gronya Somerville

Lama Tak Terdengar, Pramudya Kusumawardana Kini Duet dengan Bidadari Bulu Tangkis Australia Gronya Somerville

Terkini | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:17
share

KABAR Pramudya Kusumawardana sudah lama tak terdengar. Mantan pebulu tangkis Indonesia, Pramudya Kusumawardana, itu kini berduet dengan bidadari bulu tangkis Australia, yakni Gronya Somerville.

Seperti diketahui, Pramudya memutuskan cabut dari Pelatnas PBSI pada akhir 2023. Dia meninggalkan pasangannya di sektor ganda putra, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Pramudya Kusumawardana

Keputusan itu diambil Pramudya karena ingin melanjutkan studinya di Australia. Namun ternyata, meski masih menjadi WNI, Pramudya melanjutkan karier badmintonnya dengan bendera Australia. Dia sempat dijadwalkan comeback di ajang Finnish International 2024 pada akhir April 2024.

Kala itu, Pramudya turun di sektor ganda campuran dengan Nozomi Shimizu yang merupakan pemain berdarah Australia-Jepang. Akan tetapi, dia batal tampil di Finlandia dan baru bermain lagi di ajang Australia Open 2024 pada pertengahan Juni 2024.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8wMy8xOC8yLzE3ODQ2MC81L3g4dXM1dXU=" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Pramudya turun di dua nomor sekaligus, yakni ganda putra dan ganda campuran. Di sektor ganda putra, dia berpasangan dengan mantan pemain lain Indonesia, yakni Andika Ramadiansyah, dan mampu mencapai perempatfinal.

Sedangkan di sektor ganda campuran, Pramudya yang berduet dengan Nozomi Shimizu terhenti sejak babak 32 besar. Selepas itu, pemain kelahiran Sukabumi tersebut hanya mentas di ganda putra saja dengan Andika di ajang Bendigo International 2024 pada awal Oktober 2024. Dia pun mampu mencapai semifinal.

Pada pekan lalu, Pramudya kembali turun di ajang Sydney International 2024. Di sektor ganda putra, Pramudya/Andika gugur di babak 16 besar usai dikalahkan pasangan India, Hariharan Amsakarunan/Ruban Kumar Rehinasabapathi, dengan skor 21-16, 15-21, dan 11-21.

Di Sydney International 2024 itulah, Pramudya memulai debutnya dengan bintang Australia, Gronya Somerville. Pasangan ini bisa dibilang punya potensi besar untuk bisa bersaing di papan atas karena mereka berdua punya skill yang mumpuni.

Topik Menarik