Hashim: Prabowo Bakal Evaluasi Kinerja Menteri dan Wamen Tiap 6 Bulan!

Hashim: Prabowo Bakal Evaluasi Kinerja Menteri dan Wamen Tiap 6 Bulan!

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 17:00
share

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus adik kandung Presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo mengatakan, Presiden Prabowo bakal melakukan evaluasi setiap 6 bulan sekali terhadap kinerja menteri dan wakil menteri (wamen) di Kabinet Merah Putih.

Hashim menjelaskan, hal ini dalam rangka mengukur efektivitas kinerja para pembantu Presiden Prabowo, sehingga jika ditemukan menteri atau wamen kurang efektif, Presiden Prabowo akan bertindak dengan tegas.

"Setiap 6 bulan, menteri dan wakil menteri akan dievaluasi, sehingga selama 6 bulan ini menteri yang kurang tenaga, dan lain lain akan dievaluasi. Pak Prabowo akan bersikap tegas," ujar Hashim dalam acara Dialog Ekonomi Kadin bersama Dewan Pimpinan di Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Hashim menambahkan, evaluasi kinerja jajaran kabinet itu sekaligus menjawab persoalan 'kabinet gemuk' Prabowo, yang dikhawatirkan beberapa pihak akan membebani fiskal negara. "Kalau cost besar, tapi hasilnya besar kan tidak masalah," katanya.

Sebelumnya, analisa Center of Economic and Law Studies (CELIOS) menunjukkan adanya potensi pembengkakan anggaran hingga Rp1,95 triliun selama 5 tahun ke depan akibat koalisi gemuk. Angka ini belum termasuk beban belanja barang yang timbul akibat pembangunan fasilitas kantor/gedung lembaga baru.

Peneliti CELIOS Achmad Hanif Imaduddin berasumsi, gaji dan tunjangan menteri sebesar Rp150 juta per bulan, gaji dan tunjangan wakil menteri sebesar Rp100 juta per bulan. Sedangkan anggaran operasional diasumsikan Rp500 juta per bulan (termasuk perjalanan dinas, staf, dan lainnya).

Dengan asumsi ini, peningkatan anggaran negara diperkirakan mencapai sekitar Rp380,4 miliar per tahun, sehingga proyeksi dalam 5 tahun akibat penambahan jumlah menteri dan wakil menteri jika dikalikan sebesar Rp1,95 triliun.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMi8xLzE4NjI1MS8zL09pNC0teXdnQWpj" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Topik Menarik