Viral Siswa SMK Tak Bisa Tulis Angka 9001, Netizen: Carut Marut!

Viral Siswa SMK Tak Bisa Tulis Angka 9001, Netizen: Carut Marut!

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:30
share

PADA usia sudah menjelang dewasa, sudah sepatutnya para pelajar di tingkat sekolah menengah atas, termasuk menengah kejuruan sudah menguasai memahami konsep dasar membaca, menulis, dan menghitung.

Namun sayangnya kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata baik, dan malah semakin memprihatinkan. Contohnya seperti yang terlihat dalam video viral di dunia maya satu ini. Dalam video yang diunggah oleh netizen pemilik akun X @neVerAl0nely, terlihat salah seorang siswa SMK yang kebingungan di depan kelas ketika diminta untuk menulis angka dalam bilangan ribuan.

Video telah mendapat kurang lebih 1500 kali penayangan itu memperlihatkan seorang siswa sedang kikuk di depan kelasnya. Semua berawal ketika guru yang mengajar di kelasnya memberi perintah untuk siswa tersebut menuliskan angka 9.001 di papan tulis.

“Ketika murid SMK kelas X kesulitan menulis angka 9001. Salah siapa?,” tulis @neVerAl0nely sebagai keterangan videonya, dikutip Rabu (23/10/2024)

Tidak sesuai harapan, siswa tersebut justru tidak percaya diri menuliskan jawabannya. Awalnya dia menulis angka 90 lalu menambahkan dua angka 0 di belakangnya sehingga menjadi 9.000

Viral Siswa SMK  tak bisa tulis angka 9001 (Twitter)

Tidak lama kemudian, siswa tersebut memasukkan angka 0 dan sesaat kemudian menghapusnya. Namun setelah berpikir cukup lama, siswa tersebut kembali menambahkan angka 0 hingga angka berubah menjadi 90.000. Sampai kemudian terakhir, dia membubuhkan angka 1 yang menyebabkan jawaban finalnya menjadi 900.001

 

Sontak saja video ini menuai beragam reaksi dari para netizen, ada yang mengaku terkejut dan ada juga yang justru menyalahkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Seriusan, kaget banget” ujar akun @c**balagi

“”Efek belajar merdeka,” kata akun @KtbRizm**

“Salah si Nad*** Maka***, carut marut generasi muda,” seru netizen pemilik akun @IziIzi*****8

Topik Menarik