Viral Pengendara Goyangkan Motor saat Isi Bensin Berujung Terbakar

Viral Pengendara Goyangkan Motor saat Isi Bensin Berujung Terbakar

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:07
share

JAKARTA - Viral di media sosial (medsos) video menampilkan sebuah sepeda motor terbakar akibat pemiliknya menggoyang-goyangkan kendaraannya ketika isi bensin. Selain itu, ia tidak turun dari motor saat mengisi bahan bakar di sebuah SPBU.

Video itu sebagaimana diunggah akun Instagram @romansasopirtruck. Video tersebut diambil dari rekaman CCTV SPBU yang dikatakan berada di Tlogomas Dinoyo, Malang, Jawa Timur.

Dalam video tersebut, tampak pemotor menggunakan jenis motor sport berwarna putih mengisi BBM tanpa turun dari kendaraannya. Terlihat pengendara tersebut menggoyang-goyangkan motornya yang sedang diisi bahan bakar jenis Pertalite.

Lebih membahayakannya lagi, kendaraan tersebut masih dalam keadaan hidup, terlihat dari lampu depan atau utama yang menyala. Tapi, tidak diketahui apakah mesin motor tersebut hidup atau tidak.

Saat pengisian selesai dan ingin mendorong maju motornya, tiba-tiba muncul kobaran api. Hal ini membuat sang pengendara motor terkejut dan langsung membanting motornya untuk menjauh.

Tapi, hal tersebut membuat kobaran api semakin membesar dan menyambar pompa bensin di sisi kirinya. Untungnya, petugas SPBU bergerak cepat memadamkannya menggunakan APAR (alat pemadam api ringan) yang disiapkan di samping pompa bahan bakar.

Beruntung api langsung padam sebelum menyambar material lain yang mudah terbakar. Kejadian ini tidak menimbulkan kerugian besar baik bagi SPBU maupun pemilik motor tersebut.

Kebakaran tersebut diduga bahan bakar dari tangki sepeda motor itu tumpah ke area mesin. Sehingga saat mesin motor akan dihidupkan, percikan api dari sistem kelistrikan menyambar bahan bakar tersebut.

 

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan sebenarnya menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM tidak diperlukan. Selain itu, saat mengisi bahan bakar, baik motor maupun mobil, disarankan untuk turun dari kendaraan agar proses evakuasi lebih cepat saat terjadi kebakaran.

"Awalnya saya bingung kenapa harus turun dari motor. Tapi, setelah saya pelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, kita lebih mudah evakuasinya," kata Sony kepada MNC Portal.

"Dalam beberapa kasus, saat mengisi bensin tangki tiba-tiba mengeluarkan api hingga si pengendara ikut terbakar, karena tak sempat menyelamatkan diri. Jadi, prosedur ini lebih ke evakuasi jika terjadi kebakaran," lanjutnya.
 

Topik Menarik