Pisang untuk Menurunkan Berat Badan, Ini 3 Rekomendasi Menunya

Pisang untuk Menurunkan Berat Badan, Ini 3 Rekomendasi Menunya

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:30
share

PISANG selain punya rasa enak, gampang didapat, dan dijual dengan harga relative terjangkau, hadir sebagai buah yang merupakan sumber serat, potasium, vitamin B6, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, pisang ukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori dan 3,07 gram serat, serta mineral penting seperti magnesium dan tembaga, menjadikannya camilan bergizi yang membantu mengontrol rasa lapar.

Konsumsi pisang dapat meningkatkan asupan serat, membuat perut merasa lebih kenyang, sehingga bisa bantu mengurangi risiko makan berlebihan.

Meski  pisang kaya nutrisi, banyak orang khawatir bahwa buah ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Namun, jika dikonsumsi dengan benar, pisang justru dapat mendukung penurunan berat badan loh!  Dengan kandungan vitamin, potasium, serat, dan nutrisi lainnya, pisang adalah pilihan yang baik untuk diet yang sehat.

Pisang sendiri memiliki indeks glikemik (GI) rendah hingga sedang, sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah seperti makanan tinggi gula. Hal ini menjadikannya sumber energi yang seimbang dan dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Namun, GI pisang meningkat seiring kematangannya, pisang yang sedikit hijau adalah pilihan terbaik karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

 

Untuk memasukkan pisang ke dalam diet penurunan berat badan, dikutip dari Times of India, Selasa (22/10/2024) berikut adalah tips untuk mengonsumsi pisang saat menjalani program diet.

1. Oatmeal dengan pisang untuk sarapan: Menyantap oatmeal dengan pisang adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan serat dan potasium sekaligus. Kombinasi makanan sehat ini sangat mengenyangkan dan dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan.

2. Pisang dengan selai kacang atau almond: Menggabungkan pisang dengan selai kacang pilihan Anda, baik itu selai kacang tanah atau almond, memberikan asupan protein dan energi yang baik, jadi camilan yang ideal sebelum berolahraga.

3. Smoothie pisang hijau: Haluskan pisang yang sedikit matang atau hijau dengan madu, kenari, dan sedikit air untuk menciptakan smoothie sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi rasa lapar di siang hari. Selain itu, bisa juga menambahkan susu atau bubuk protein ke dalam campuran ini untuk membuatnya lebih mengenyangkan, tetapi perlu diingat untuk memperhatikan jumlah kalorinya ya!

Topik Menarik