Pelantikan Kabinet Prabowo, Ketua DPR Siap Gotong Royong Bangun Bangsa

Pelantikan Kabinet Prabowo, Ketua DPR Siap Gotong Royong Bangun Bangsa

Nasional | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 17:32
share

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan siap bergotong royong dengan pemerintah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk membangun negeri. Puan diketahui turut hadir dalam pelantikan menteri dan kepala badan Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/10/2024). 

Selain Puan yang mengenakan baju tunik berwarna biru senada dengan dasi para menteri yang dilantik, Wakil Ketua DPR RI bidang politik hukum dan ham (Polhukam) Sufmi Dasco Ahmad dan beberapa tokoh lainnya juga hadir dalam pelantikan.

Puan turut bersalaman dan berbincang dengan Presiden Prabowo dan anaknya Prabowo, Didit Hediprasetyo. Kemuudian, menyampaikan selamat kepada para menteri yang dilantik. 

Di antaranya, Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Budi Gunawan, Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kemudian, Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin. 

Puan juga bicara soal anggaran negara menyusul adanya penambahan kementerian. “Kita lihat bagaimana nanti kinerja yang akan dilakukan oleh kabinet yang akan datang. Ini kan baru juga pengumuman belum melakukan apa yang harus dilakukan,” kata Puan dalam keterangannya, dikutip.

Terpenting kata Puan, agar memberi kesempatan bagi kabinet Prabowo menjalankan visi misinya dalam menjalankan roda pemerintahan. Sehingga, pihaknya mengajak untuk mendukung kerja-kerja yang bakal dilakukan pemerintahan Prabowo.

“Kita dukung dulu. Kita lihat dulu bagaimana nantinya, kita lihat seperti apa dengan adanya penambahan kementerian dan badan-badan ini,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

 

“Jadi kita sama-sama membangun Indonesia bagaimana membuat Indonesia menjadi lebih maju, menjadi lebih baik menjadi lebih dikenal luas oleh pimpinan internasional melalui Parlemen,” imbuhnya.

Pada Kabinet Merah Putih ada 48 menteri. Terdiri dari 9 kementerian yang dipecah menjadi 21 kementerian. Kemudian, ada 5 kepala badan dan 56 wakil menteri. Total anggota di Kabinet Merah Putih ada 109 orang.

Topik Menarik