Jadi Seskab, Gerindra Sebut Mayor Teddy Tak Perlu Pensiun dari TNI

Jadi Seskab, Gerindra Sebut Mayor Teddy Tak Perlu Pensiun dari TNI

Berita Utama | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 15:10
share


JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara suara perihal posisi Mayor Teddy Indra Wijaya yang ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab), oleh Presiden Prabowo Subianto. Penunjukan Teddy menjadi sorotan lantaran statusnya masih sebagai perwira TNI aktif.

Menurut Dasco, Teddy tak perlu mengundurkan diri TNI. Sebab, jabatan Seskab yang diembannya saat ini bukan setingkat menteri. Hal ini berkaitan dengan perubahan nomenklatur Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Prabowo.

"Dengan perubahan nomenklatur ini dapat diisi oleh saudara Teddy tanpa harus pensiun dari TNI, karena bukan setingkat menteri," kata Dasco kepada wartawan, Senin (21/10/2024).

Dia mengatakan, ada sejumlah nomenklatur di kabinetnya Prabowo, salah satunya soal posisi Seskab. Menurutnya, saat ini Seskab bukan lagi jabatan setingkat menteri.

"Sehingga tidak ada menteri seskab, tetapi digabung di bawah mensesneg," ujarnya.

 

Dengan begitu, kata dia, jabatan-jabatan di bawah Kemensesneg dapat diisi oleh perwira TNI maupun Polri, seperti Mayor Teddy.

"Yang batasannya adalah paling tinggi setara eselon II, atau kalau di TNI-Polri paling tinggi setara Brigjen," pungkasnya.

Sebelumnya, Mayor TNI Teddy Indra Wijaya batal dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Sekretaris Kabinet, di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024). Sebelumnya, Prabowo telah mengumumkan Mayor Teddy akan menduduki jabatan Seskab.

Namun, pada pagi ini pukul 10.00 WIB Mayor Teddy batal dilantik. Meskipun, dia terlihat berada di samping Prabowo Subianto ketika pelantikan.

"Saya belum tahu persis ini. Kan saya baru dilantik. Saya belum dapat arahan presiden," kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi kepada awak media usai dilantik.

Hasan pun menegaskan, bahwa nantinya Seskab akan berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara.

Topik Menarik