5 Negara yang Jadi Anak Emas AFC, Nomor 1 Berkali-kali Dibantu Wasit Sampai Juara Piala Asia!

5 Negara yang Jadi Anak Emas AFC, Nomor 1 Berkali-kali Dibantu Wasit Sampai Juara Piala Asia!

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 06:41
share

SEBANYAK 5 negara yang menjadi anak emas Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan diulas Okezone. Seperti halnya Timnas Argentina dan Timnas Indonesia yang disebut-sebut sebagai anak emas FIFA karena sering diistimewakan, begitu juga dengan AFC.

AFC juga memiliki beberapa negara yang sering mereka istimewakan. Negara-negara ini sering diistimewakan karena kerap mengharumkan nama Asia di level dunia, tapi ada juga karena faktor kedekatan dengan sejumlah petinggi AFC. Lantas, negara mana saja yang dimaksud?

Berikut 5 negara yang menjadi anak emas AFC:

5. Bahrain

Timnas Bahrain

Keberadaan pria asal Bahrain, Salman bin Ibrahim Al Khalifa, yang menjabat sebagai presiden AFC bak durian runtun bagi Federasi Sepakbola Bahrain (BFA) maupun Timnas Bahrain. Setidaknya sudah ada dua momen di mana AFC begitu mengistimewakan Bahrain.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8xOS83LzE4NjE5MC8zL2I5b25UVUZzb2Qw" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Pertama, protes PSSI soal kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf di laga Bahrain vs Timnas Indonesia diabaikan AFC. Sementara itu, ketika BFA meminta agar laga Timnas Indonesia vs Bahrain digelar di tempat netral, AFC langsung memberikan respons cepat. AFC mengaku segera berdiskusi dengan BFA, FIFA maupun PSSI untuk memberikan keputusan.

4. Korea Selatan

Timnas Korea Selatan

Berbeda dengan Bahrain, Korea Selatan disayang AFC karena sering mengharumkan Benua Kuning di level Piala Dunia. Di Piala Dunia 2022 saja, Korea Selatan lolos ke 16 besar sebelum akhirnya tumbang di tangan Brasil.

Korea Selatan pun tercatat sebagai negara Asia dengan pencapaian terjauh di Piala Dunia. Skuad Taeguk Warriors pernah lolos ke semifinal Piala Dunia 2002.

Topik Menarik