Topi Legendaris Pak Bas 10 Tahun Jadi Menteri Jokowi Masuk Museum

Topi Legendaris Pak Bas 10 Tahun Jadi Menteri Jokowi Masuk Museum

Terkini | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 09:19
share

JAKARTA - Topi legendaris milik Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bakal dimuseumkan di Galeri Bendungan di Gedung Direktorat Jenderal SDA, Jakarta. Topi Pak Bas menjadi legendaris lantaran terus dipakai dan tidak pernah ganti saat menjabat sebagai Menteri PUPR selama 10 tahun.

"Topi saya kalau ditanyakan sekarang ada di Galeri Bendungan jadi masuk museum," kata Pak Bas dilansir dari Instagram PUPR, Minggu (20/10/2024).

Menurut Pak Bas, ada dua topi miliknya yang disimpan di Galeri Bendungan. Yakni, satu topi yang dipakai selama periode pertama menjabat dan satu topi yang dipakai selama periode kedua.

topi pak bas

"Ada sua topi yang seperti itu, yang periode pertama dan periode kedua ada di Galeri Bedungan Gedung SDA," kata dia.

Untuk diketahui, topi yang warnanya sudah pudar ini selalu dipakai Pak Bas saat meresmikan infrastruktur atau melakukan kunjungan kerja. Soal topi legendaris ini, ajudan Menteri Basuki AKP Giyanto, menjelaskan alasan mengapa topi Menteri Basuki terlihat lusuh dan kumal.

Menurutnya, kondisi topi Menteri Basuki yang berwarna memudar itu bukan karena tidak pernah dicuci atau dibersihkan. Namun karena memang terpaan sinar matahari yang menyengat di Lapangan.

"Itu bukan dekil. Itu kita cuci. Itu karena saking lamanya di lapangan, kena sinar matahari, kena debu segala macam, akhirnya seperti itu," ujar Giyanto dalam video singkat di Instagram.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8xMC80LzE4NTkzOS81L3g5NzJwMWE=" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Topik Menarik