Makna Janur Kuning Hiasi Gedung Kura-Kura saat Pelantikan Prabowo-Gibran

Makna Janur Kuning Hiasi Gedung Kura-Kura saat Pelantikan Prabowo-Gibran

Nasional | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 08:31
share

JAKARTA - Gedung Kura-Kura tempat digelarnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dihiasi janur kuning. Janur kuning itu, melintang di sepanjang tangga menuju Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, jalur kuning itu merupakan adat dan budaya Indonesia yang melambangkan hajatan. "Ya kalau janur kuning itu kan kalau di adat kita melambangkan hajatan. Ya hari ini ada perhelatan besar pelantikan presiden dan wakil presiden baru," tutur Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Menurutnya, keberadaan janur kuning itu tak perlu dipersoalkan. Ia mengajak publik untuk berdoa agar acara pelantikan bisa berjalan lancar.

"Nah, tentunya hal itu tidak perlu dipersoalkan dan kita mari berdoa semoga acara pada hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Gedung Kura-Kura diwarnai sejumlah tanaman dan hiasan dalam menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dari pantauan di lapangan, nampak 6 buah janur kuning terpasang di pinggir tangga yang menuju Gedung Kura-Kura atau Gedung Nusantara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu.

Selain itu, nampak pula tanaman hias yang membuat pemandangan nampak hijau Gedung Kura-Kura. Tanaman itu, dihias sedemikian rupa sepanjang tangga Gedung Nusantara.

Dengan konsep tersebut, menanti sejumlah petugas untuk berswafoto di depan Gedung Kura-Kura, tempat yang akan digelar pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
 

Topik Menarik