Istana Gelar Upacara Pisah Sambut Jokowi ke Prabowo Siang Ini

Istana Gelar Upacara Pisah Sambut Jokowi ke Prabowo Siang Ini

Nasional | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 07:15
share

JAKARTA - Istana Kepresidenan menggelar acara pisah sambut yang akan dilaksanakan di Istana Merdeka pada hari ini, Minggu (20/10/2024). Acara tersebut untuk menyambut Presiden ke-8 RI yang akan dilantik Prabowo Subianto dan pelepasan Presiden ke-7 RI Jokowi Widodo (Jokowi).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, upacara pisah sambut akan dilaksanakan pada siang hari ini di Istana Merdeka.

"Ya tentunya nanti ada sedikit prosesi di Istana, dan ada prosesi di Istana itu ada pelepasan, ada pasukan lah kira-kira seperti itu," kata Heru dalam keterangannya dikutip pada Minggu.

"Ya prosesinya tentunya Pak Jokowi akan ke Istana, nanti setelah itu Bapak Prabowo dan Mas Gibran akan juga ke sini, dan ada sedikit prosesi pelepasan," sambungnya.

Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Ruang Sidang Paripurna DPR.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan kesiapan rangkaian pelantikan serta pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Kompleks Istana Kepresiden, Jakarta, pada Jumat, 18 Oktober 2024. 

Persiapan rangkaian kegiatan dimulai dari ketibaan para tamu negara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Beberapa tamu negara sudah mulai hadir pada Sabtu 19 Oktober kemarin.

Pada saat ketibaan di Bandara, Heru menjelaskan bahwa akan ada prosesi penerimaan Kepala Negara atau setingkat Kepala Negara seperti pasukan jajar kehormatan dan korps musik (Korsik). Selain itu, pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda) DKI Jakarta telah menyiapkan video kedatangan yang ditayangkan di sejumlah titik videotron di Jakarta. 

“Pada saat kedatangan, kami meminta kepada Pemda DKI bisa ditayangkan di seluruh LED videotron di Jakarta mulai tanggal 19 (Oktober) rangkaian dari Halim maupun rangkaian dari Soetta. Ini sudah kami persiapkan dan mulai hari Senin kemarin kami sudah gladikan,” kata Heru. 

 

Sementara itu, guna memeriahkan rangkaian pelantikan pada 20 Oktober 2024, Heru menuturkan bahwa Pemda DKI Jakarta akan menyiapkan panggung hiburan bagi rakyat di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin. Rencananya panggung hiburan tersebut akan dimulai pukul 11.00 WIB hingga ketibaan Presiden terpilih di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. 

“Kami persilakan kepada masyarakat di panggung-panggung tersebut ada hiburan sudah disiapkan dan juga ada _doorprize._ Masyarakat bisa menyaksikan dan diharapkan bisa berpartisipasi,” lanjutnya. 

Rangkaian kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan ditutup dengan jamuan santap malam kenegaraan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurut Kasetpres, sejumlah tamu negara baik pimpinan maupun utusan khusus akan hadir dalam acara tersebut. 

“Malam harinya tentunya sebagian tamu negara akan dijamu oleh Bapak Presiden terpilih Bapak Prabowo di Istana,” kata Kasetpres.  

Topik Menarik