Suswono Bakal Dorong Pengembangan Urban Farming di Jakarta

Suswono Bakal Dorong Pengembangan Urban Farming di Jakarta

Terkini | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 16:49
share

JAKARTA - Cawagub Jakarta nomor urut 1, Suswono menyebutkan, bakal mendorong pengembangan Urban Farming di Jakarta saat pasangan Ridwan Kamil-Suswono atau RIDO terpilih menjadi pemimpin kota Jakarta kelak.

"Makanya nanti kaitan dengan urban farming ini salah satu yang akan kita dorong, akan kita upayakan supaya mereka-mereka yang terutama yang masih nganggur, kita akan latih. Jadi pelatihan-pelatihan yang siap kerja," ujar Suswono di Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (18/10/2024).

Menurutnya, beberapa hari lalu dia bertemu dengan pelaku-pelaku urban farming di Jakarta. Dia pun takjub lantaran di kota metropolitan ini ternyata masih banyak pertanian hingga peternakan.

"Surprise juga, ternyata banyak anak-anak muda yang terlibat dalam urban farming, kemarin ada yang di kalangan peternak, ada dari pemelihara ikan, lalu ada (pertanian) bunga, anggrek juga ada, ternyata mereka itu sudah bergerak terus. Sejak saya dulu canangkan yang namanya KRPL," tuturnya.

 

Cawagub Jakarta nomor urut 1 itu menerangkan, saat dahulu dia menjadi Menteri Pertanian, dia juga mencanangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari, yang mana dilaunching oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara nasional. Maka itu, dia pun takjub program tersebut masih berjalan, khususnya di Jakarta.

"Nah ternyata di Jakarta ini sendiri saya takjub masih banyak program itu masih jalan, dan tanah-tanah di Jakarta yang telantar itu banyak sekali, ini lagi kita data persisnya berapa. Mereka sendiri berharap kepada pemerintah daerah untuk nanti bisa memanfaatkan tanah-tanah terlantar itu karena antusiasmenya untuk mereka tetap memanfaatkan tanah-tanah telantar itu luar biasa. Anak-anak muda sekali lagi ya," jelasnya.

Suswono menambahkan, guna mendorong urban farming di Jakart, pihaknya bakal menyiapkan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat berkaitan pengembangan urban farming saat pasangan RIDO terpilih menjadi pemimpin Jakarta. Bahkan, pihaknya siap memberikan modal untuk masyarakat, salah satunya pun melalui Kredit Mesra Tanpa Bunga dan Agunan.

"Modalnya kan nanti akan kita siapkan juga, pinjaman antara Rp500.000 sampai Rp10.000.000 tanpa bunga dan tanpa agunan. Jadi insyaallah nggak ada alasan nganggur, pokoknya asal tinggal mau apa tidak," pungkasnya.

Topik Menarik