FIFA Coret Timnas Bahrain dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia seperti Timnas Indonesia yang Tolak Main di Israel?

FIFA Coret Timnas Bahrain dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia seperti Timnas Indonesia yang Tolak Main di Israel?

Terkini | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 06:03
share

FIFA coret Timnas Bahrain dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia seperti Timnas Indonesia yang pernah menolak main di Israel? Federasi Sepakbola Bahrain (BFA) meminta kepada AFC agar laga Timnas Indonesia vs Bahrain di lanjutan matchday kedelapan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa 25 Maret 2025 digelar di tempat netral.

Permintaan ini diajukan BFA karena khawatir dengan keselamatan para pemainnya yang sempat terkena psywar dari netizen Indonesia kelar laga Bahrain vs Timnas Indonesia pada Kamis, 10 Oktober 2024 malam WIB. ““Federasi akan meminta kepada AFC untuk memindahkan laga itu dari Indonesia guna menjamin keamanan personel Timnas Bahrain yang merupakan prioritas utama,” tulis pernyataan resmi Bahrain.

BFA meminta laga Timnas Indonesia vs Bahrain digelar di tempat netral. (Foto: Instagram/@bahrainfa)

(BFA meminta laga Timnas Indonesia vs Bahrain digelar di tempat netral. (Foto: Instagram/@bahrainfa)

Jika menolak bermain di Indonesia, Timnas Bahrain berpotensi dicoret dari keikutsertaan mereka di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Contohya sudah ada dua tim yang dicoret karena menolak bermain di sebuah negara.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8xNi83LzE4NjA4OC8zLzV2TEJZNlBPMURj" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Klub asal India, Mohun Bagan, dicoret dari keikutsertaan dari ajang AFC Champions League 2 2024-2025. Mohun Bagan menolak bermain di Iran karena situasi di negara tersebut sedang tak kondusif. Sekadar diketahui, Mohun Bagan dijadwalkan tandang ke markas klub Iran, Tractor SC, hanya satu hari setelah Iran melepaskan puluhan rudal ke Israel.

Selain Mohun Bagan, ada Timnas Indonesia yang pernah dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 1958 zona Asia-Afrika karena menolak bermain di Israel. Awalnya, Timnas Indonesia finis sebagai juara grup di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 1958 zona Asia-Afrika.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia lolos ke babak kedua. Di babak ini, Timnas Indonesia tergabung bersama Israel, Sudan dan Mesir. Sesuai regulasi, Timnas Indonesia harus menjalani laga kandang dan tandang kontra tiga negara di atas.

Topik Menarik