6 Tips ala Psikolog agar Tetap Tenang saat <i>Under</i> <i>Pressure</i>

6 Tips ala Psikolog agar Tetap Tenang saat Under Pressure

Terkini | okezone | Kamis, 17 Oktober 2024 - 23:00
share

DALAM  kehidupan sehari-hari, banyak orang  mungkin sering merasa lelah akibat tekanan dari aktivitas yang dilakukan. Perasaan cemas dan takut, kerap menjadi penghalang terhadap ketenangan yang seharusnya bisa dirasakan.

Kecemasan yang sering muncul bisa menimbulkan stres, dan pada akhirnya hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting bagi Anda, untuk menciptakan perasaan tenang agar terhindar dari kecemasan dan ketakutan.

Supaya tetap bisa merasa tenang meski sedang berada di bawah tekanan, berikut enam tips dari psikolog yang bisa dicoba. Sebagaimana dilansir dari Times Of India pada Kamis (17/10/2024) berikut ulasannya.

1. Selalu Menerima Situasi: Sering kali, seseorang menuntut dirinya sendiri agar semua berjalan sesuai keinginan. Perasaan kecewa yang berlebihan terhadap hasil yang telah diusahakan dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang semakin meningkat.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menerima setiap kenyataan terkait kekurangan, baik pada diri sendiri maupun orang lain, serta mengakui bahwa tidak semua hal dapat berjalan sesuai rencana. Sikap ini menjadi solusi untuk menjalani hidup dengan lebih tenang tanpa adanya perasaan cemas.

2. Fokus Terhadap Hal yang Bisa Dikendalikan: Pemikiran negatif sering kali membuat seseorang merasa stres. Perasaan bahwa sesuatu akan terjadi di luar kemampuannya kerap menimbulkan kecemasan. Penting untuk membuang pikiran negatif tersebut. Sebaliknya, fokuslah terhadap aspek-aspek yang bisa diperbaiki. Dengan cara ini, seseorang dapat mengurangi kecemasan dan stres, serta menciptakan sikap yang lebih positif.

 

3. Berpikir Positif: Ini kunci untuk terhindar dari rasa cemas akibat sebuah tekanan. Pola pikir ini bisa membantu untuk menangani situasi yang menantang dengan mudah.

Maka dari itu, biasakan untuk memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri, seperti,  “Saya bisa melakukannya,” agar Anda merasa lebih tenang dan percaya diri. Dengan melatih diri untuk berpikir positif, hal ini bisa meningkatkan motivasi dan fokus terhadap diri. Sehingga dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik.

4. Mengelola Tugas dengan Baik: Tugas yang terlalu besar dapat memicu terjadinya stres, dibutuhkannya strategi yang tepat untuk menyelesaikan tugas yang terlalu banyak, agar terhindar dari stres berlebih. Dengan memecah tugas besar menjadi langkah-langkah kecil yang dapat Anda kelola dengan baik, bisa dijadikan sebagai solusi.

Dengan menyelesaikan tugas secara bertahap, kita  akan bisa merasakan kemajuan yang lebih nyata, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan diri. Pencapaian ini akan membantu mengurangi rasa stres yang diakibatkan oleh beban tugas yang terlalu besar.

 

5. Mengatur Waktu dengan Baik: Mengerjakan sesuatu di menit-menit terakhir sering kali menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Namun, tanpa disadari, hal ini justru dapat menimbulkan lebih banyak kekacauan, seperti rasa pusing akibat terlalu banyak berpikir, dan ketakutan akan keterlambatan dalam pengumpulan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu dengan baik agar tidak ada kecemasan dalam pengerjaan sebuah tugas atau proyek yang sedang berlangsung.

6. Menerapkan Pola Hidup Sehat: Punya rutinitas sehat seperti makan makanan seimbang, berolahraga, dan tidur tepat waktu dapat membantu menjauhkan stres, dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk menangani tekanan di masa-masa sulit.

Topik Menarik