Geser Jay Idzes, Jordi Amat Jadi Kapten Timnas Indonesia di Laga Lawan Bahrain?

Geser Jay Idzes, Jordi Amat Jadi Kapten Timnas Indonesia di Laga Lawan Bahrain?

Terkini | okezone | Selasa, 8 Oktober 2024 - 09:46
share

JORDI Amat berpotensi menggeser Jay Idzes sekaligus menjadi kapten Timnas Indonesia saat menghadapi Bahrain di matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dilangsungkan di Bahrain National Stadium, Kamis 10 Oktober 2024 pukul 23.00 WIB. Kok bisa?

Semenjak menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada Desember 2022, Jordi Amat tak pernah dicadangkan Shin Tae-yong. Eks pemain Espanyol itu selalu dimainkan starter dan cuma dua kali tidak main penuh 90 menit.

(Jordi Amat saat menjadi kapten di laga Timnas Indonesia vs Irak. (Foto: Aldi Chandra/MPI)

Karena itu, Jordi Amat berpotensi mentas sebagai starter dalam laga besok lusa. Pesepakbola 32 tahun itu bisa diperankan sebagai bek tengah dalam pola 3-4-3 racikan Shin Tae-yong.

Jika dinilai pesaing Jordi Amat di posisi bek tengah sudah terlalu banyak, mantan pemain Timnas Spanyol kelompok umur itu dapat digeser ke tengah, berduet dengan Thom Haye. Satu yang pasti, jika Jordi Amat dimainkan, otomatis dirinya menjadi kapten Timnas Indonesia, menggeser Jay Idzes yang menjadi II Capitano di laga kontra Arab Saudi dan Australia.

Secara strata, kapten Timnas Indonesia ditempati Asnawi Mangkualam, disusul Jordi Amat dan Jay Idzes. Melihat konsistensi penampilan yang ditunjukkan Sandy Walsh di laga melawan Arab Saudi dan Australia, dirinya lebih mungkin diplot sebagai pemain starter ketimbang Asnawi Mangkualam.

Alhasil, Jordi Amat naik pangkat karena berstatus wakil kapten. Dimainkannya Jordi Amat di laga besok lusa memang menimbulkan pro dan kontra.

Topik Menarik