4 Tips Hilangkan Stres Usai Lelah Bekerja, Yuk Dicoba agar Tak Burnout!

4 Tips Hilangkan Stres Usai Lelah Bekerja, Yuk Dicoba agar Tak Burnout!

Terkini | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 20:30
share

LELAH usai bekerja seharian adalah perasaan dan kondisi yang dialami banyak orang setiap harinya, dari awal pekan seperti saat ini hingga hari Jumat menjelang akhir pekan. Bahkan tak sedikit pula, yang tetap harus bekerja di hari akhir pekan seperti Sabtu.

Merasa capek karena lelah bekerja setiap harinya ini, harus dilepaskan dengan cara yang tepat agar tak menumpuk menjadi stress dan burnout. Makanya, penting untuk bisa  melepaskan penat dan stress, bahkan dengan cara mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Cara ini cocok dilakukan bila Anda memilih berada di rumah dan mencari ketenangan. Rasa stres yang disalurkan juga dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga bisa kembali prima dan maksimal saat bekerja keesokan harinya.

Foto: Freepik

Lantas, seperti apa cara tepat menangani stres,  setelah penat bekerja? Simak informasinya dilansir American Psychological Association, Senin (7/10/2024)

1. Istirahat Sejenak: Cara pertama ialah istirahat sejenak di waktu senggang. Bekerja seharian dengan tugas yang menumpuk akan membuat pikiran suntuk dan meningkatkan stres.

Anda bisa berhenti sejenak dan melemaskan tubuh saat ada waktu istirahat. Cara ini dapat memulihkan tenaga dan fokus pada otak. Selain itu, istirahat sejenak juga bisa membuat diri kita jadi lebih rileks dan tenang.

 

2. Meditasi: Teknik seperti meditasi, yoga,  latihan pernapasan dalam, dan mindfulness dapat membantu menghilangkan stres.

Mulailah dengan meluangkan beberapa menit untuk melakukan meditasi ini. Tak perlu repot-repot, Anda bisa melakukannya dengan singkat dimulai dengan menarik napas dalam agar tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang.

3. Tidur Cukup: Saat ada kesempatan, gunakanlah untuk memperbaiki waktu tidur dan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk manajemen stres yang efektif. Hindari terlalu banyak mengonsumsi kafein, apalagi di jam-jam dekat waktu tidur agar kualitas tidur bisa lebih baik.

 

4. Bicara dengan Teman: Jangan pendam semua emosi seorang diri, atau hanya sibuk main sosial media di dunia maya.  Cobalah untuk berinteraksi nyata dengan ‘manusia’, contohnya berbicara denganb kawan terdekat Anda agar mengurangi ketegangan pada pikiran. Dengan berinteraksi bersama teman-teman, bisa lebih rileks dan menghibur diri sehingga stres bisa lebih berkurang.

Topik Menarik