Kisah Prajurit Kopassus Mardi Rambo Minum Air Bekas Kuda di Medan Laga

Kisah Prajurit Kopassus Mardi Rambo Minum Air Bekas Kuda di Medan Laga

Nasional | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 07:00
share

JAKARTA - Prajurit Kopassus Mardi Rambo menceritakan pengalamannya 14 kali terjun bebas hingga bertahan hidup dengan minum air bekas kuda. Kisah operasi di medan laga yang paling berkesan saat ditugaskan di Bosnia.

Saat itu operasi Mardi Rambo berpartisipasi dalam misi perdamaian dunia. Salah satunya, dirinya harus bertahan hidup dengan minum air bekas.

Prajurit yang memiliki kemampuan zeni demolisi ini memiliki rekor luar biasa setelah 14 kali diturunkan ke medan operasi. Biasanya prajurit Kopassus paling banyak hanya empat kali bertugas di daerah operasi.

"Senang sekali ke Bosnia. Pesawat itu take off kemudian landing. Ternyata landing itu wuenaaakk sekali," ucap Mardi Rambo melalui buku berjudul Kopassus untuk Indonesia.

Mardi Rambo rupanya baru pertama kali merasakan landing ketika mau ke Bosnia. Sebab selama ini, Mardi Rambo selalu hanya mengalami take off, karena biasanya sebelum landing ia sudah dibuang dari pesawat saat masih mengudara.

Kopassus atau Komando Pasukan Khusus merupakan pasukan elite milik TNI Angkatan Darat (AD) yang didirikan pada 16 April 1952. Dikenal pula dengan nama Korp Baret Merah, prajurit Kopassus memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pasukan elit lainnya di tubuh TNI.

Prajurit Kopassus memiliki kemampuan bela diri yang sangat baik dan sudah tidak perlu diragukan.

Selain itu, prajurit Kopassus semakin terasah dengan kemampuan luar biasa. Beberapa contoh latihan berat yang dijalani prajurit Kopassus adalah latihan menyelam, latihan dropper, dan latihan bertahan hidup di tengah hutan.

Prajurit Kopassus harus mempunyai kemampuan menyelam. Latihan menyelam itu biasanya dilakukan di kolam Tribuana dengan kedalaman 17 meter. Selanjutnya adalah latihan dropper yang juga dikenal sebagai jenis latihan paling ekstrem.
 

Topik Menarik