Makna di Balik Desain Panggung HUT Ke-79 TNI seperti Istana IKN

Makna di Balik Desain Panggung HUT Ke-79 TNI seperti Istana IKN

Nasional | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 14:16
share

JAKARTA - Rangkaian persiapan dilakukan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas). Mulai dari gladi, hingga dekorasi megah pada panggung utama yang menyerupai istana di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala Pusat Penerangan (kapuspen) TNI Mayor Jenderal Hariyanto mengungkap, desain panggung utama sengaja dibangun serupa dengan bangunan Istana di IKN. Makna, dari desain tersebut sebagai representasi bahwa TNI siap mengawal Transisi pemerintahan.

"Apa yang sudah dibuat nanti akan terjadi transisi pemerintahan kita akan mengawal ke sana. Tidak lama lagi. Apa yang sudah dilakukan oleh pejabat yang lama pasti akan dilanjutkan pejabat yang baru," kata Hariyanto usai gladi resik HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

"Jadi kita juga untuk memberikan kesan bahwa TNI siap mendukung pelaksanaan transisi pemerintahan untuk menuju indonesia baru itu tema yang kita buat juga, sehingga kita akan mengawal kepemimpinan nasional," sambungnya. 

Berdasarkan pantauan Okezone di lapangan, panggung utama yang akan dijadikan lokasi puncak acara, berbentuk burung garuda yang sedang mengepakkan sayap, persis seperti bangunan Istana IKN.

Panggung dengan nama 'prima' itu dibangun tepat di tengah-tengah Silang Monas. Sementara di sebrangnya terdapat bangunan semi permanen yang akan menjadi tempat para pejabat negara, yang menghadiri HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober mendatang.

Panggung tersebut nampak bernuansa merah dan putih seperti bendera Indonesia, dengan konsep megah.

Topik Menarik