Peran Kemenparekraf di Balik Kesuksesan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024

Peran Kemenparekraf di Balik Kesuksesan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 14:51
share

Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 yang berlangsung pada 27-29 September di Pertamina Mandalika International Circuit sukses digelar.

Di balik kesuksesannya, ada peran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di sana. 

Salah satunya, dengan menghadirkan aktivasi promosi brand Wonderful Indonesia di dalam area sirkuit dan sekitarnya selama perhelatan berlangsung. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan kehadiran Wonderful Indonesia di MotoGP Mandalika diharapkan dapat meningkatkan visibilitas pariwisata Indonesia di mata dunia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

“Kehadiran Wonderful Indonesia di MotoGP Mandalika diharapkan dapat meningkatkan visibilitas pariwisata Indonesia di mata dunia,” ujar Sandiaga, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/9/2024).

“Target kami adalah mampu menarik lebih banyak penonton internasional lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” lanjutnya. 

Wonderful Indonesia juga turut tampil di berbagai saluran media, termasuk 119 media partner menjangkau lebih 200 negara yang menyiarkan langsung ajang MotoGP Mandalika. 

Brand Wonderful Indonesia muncul dalam berbagai format, termasuk TV track, parc fermé, dan truck riders parade yang membawa para pembalap berkeliling sirkuit sebelum balapan dimulai. 

“Tidak hanya itu Brand Wonderful Indonesia terlihat pada signage dan umbul-umbul di titik strategis area Mandalika,” kata Sandiaga. 

Dengan dukungan penuh Kemenparekraf, diharapkan ajang Indonesian GP 2024 dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi sektor pariwisata, tetapi juga bagi perekonomian lokal masyarakat di Lombok dan sekitarnya.

 

Pelaksanaan MotoGP Mandalika merupakan salah satu sport tourism unggulan yang diharapkan dapat mendorong kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP Mandalika merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan berbagai pihak, yang akan mengangkat nama Indonesia dalam event-event kelas dunia, khususnya dalam sport tourism,” tutur Sandiaga. 

Sebagai informasi, data dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menunjukkan bahwa lebih dari 102.929 penonton hadir selama event MotoGP Mandalika 2023. 

Kemenparekraf sendiri menargetkan jumlah penonton tahun ini dapat melampaui angka tersebut. Sehingga ini menjadi momentum yang efektif untuk promosi Wonderful Indonesia.

Topik Menarik