Terancam Tak Lolos ke BWF World Tour Finals 2024, Jonatan Christie dan Anthony Ginting Tetap Fokus Incar Gelar Tahun Ini

Terancam Tak Lolos ke BWF World Tour Finals 2024, Jonatan Christie dan Anthony Ginting Tetap Fokus Incar Gelar Tahun Ini

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 12:33
share

DUA tunggal putra terbaik Indonesia, Anthon Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie terancam tidak lolos ke BWF World Tour Finals 2024. Meski demikian, pelatih Irwansyah tetap menargetkan gelar juara untuk anak buahnya di sisa turnamen tahun ini.

Seperti diketahui, setiap tahunnya Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menggelar turnamen penutup musim bertajuk World Tour Finals. Delapan pemain terbaik dari setiap sektor yang ada tahun ini bakal mendapatkan tiket untuk tampil di ajang yang pada edisi 2024 bakal dihelat di Hangzhou, China, pada 11-15 Desember mendatang.

Namun sayang, Jonatan dan Ginting terancam tak mentas di WTF 2024. Pasalnya, peringkat mereka cukup jauh dari zona delapan besar dalam ranking Race to World Tour Finals 2024.

Jojo -sapaan Jonatan- berada di urutan 29 dengan raihan 45.780 poin. Sedangkan Ginting duduk di peringkat 13 dengan torehan 55,590 poin. Mereka masing-masing berjarak sekira 17.000 dan 7000 poin dari posisi delapan yang ditempati oleh Chia Hao Lee dari Taiwan.

 

Kondisi itu terjadi karena kedua Juara Asia itu sempat absen dalam beberapa turnamen tahun ini untuk fokus mempersiapkan diri tampil di Olimpiade Paris 2024. Oleh karena itu, Irwansyah tak masalah jika Jonatan dan Ginting tak lolos ke WTF 2024 karena masih ada edisi tahun depan.

"Mungkin dari ranking mereka jauh. Karena memang sebelum Olimpiade itu kan kita memang cut beberapa kejuaraan untuk persiapan Olimpiade," kata Irwansyah kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, pekan lalu.

 BACA JUGA:

"Makanya ya kita juga gambling (absen turnamen) tapi ya tujuannya ke Olimpiade walaupun memang hasilnya enggak bagus ya kita terima aja. Makanya World Tour Finals ini kalaupun enggak bisa main ya oke aja lah tahun depan kan masih ada," imbuhnya.

Jonatan dan Ginting sendiri masih akan tampil dalam empat turnamen lagi di akhir tahun ini, yakni Arctic Open 2024, Denmark Open 2024, Kumamoto Japan Masters 2024 dan China Masters 2024. Dengan kondisi saat ini, jelas peluang mereka tipis untuk bisa mengamankan tiket WTF 2024.

Topik Menarik