Revitalisasi KUA, Kemenag: Untuk Meningkatkan Kualitas Umat Beragama

Revitalisasi KUA, Kemenag: Untuk Meningkatkan Kualitas Umat Beragama

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:12
share

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) melakukan revitalisasi terhadap sejumlah kantor urusan agama (KUA) di seluruh wilayah Indonesia. Ini menjadi salah satu program prioritas. Tujuannya agar KUA dapat "naik kelas". 

Revitalisasi KUA digulirkan sejak 2021. Ketika itu program revitalisasi ini baru menyasar 106 KUA. Kemudian pada 2022 ada 500 KUA yang direvitalisasi; 2023 sebanyak 500 KUA, dan 2024 berjumlah 100 KUA.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan terdapat tiga unsur utama yang menjadi perhatian terkait revitalisasi KUA. masing-masing adalah peningkatan sarana dan prasarana (infrastruktur), sumber daya manusia, serta sistem layanan berbasis digital.

"Terkait infrastruktur, salah satu fokus KUA revitalisasi adalah kualitas bangunan gedung balai nikah dan manasik haji. Gedung KUA dibangun megah dengan front office yang terstandar, ramah difabel, dan kelompok rentan. Sejak 2015 hingga 2024 telah dibangun 1.604 gedung KUA melalui skema pembiayaan SBSN," bebernya ketika berada di Kota Solo, Selasa 1 Oktober 2024.

Ia melanjutkan, sementara mengenai peningkatan kualitas sumber daya manusia di KUA, dilakukan dengan berbagai paket capacity building. Kemenag menggelar Bimtek Fasilitator Bimbingan Perkawinan (Bimwin) yang hingga kini mencetak lebih dari 3.700 fasilitator.

Bimtek petugas layanan dan front office juga diberikan kepada petugas di 1.206 KUA. Selanjutnya Kemenag juga membentuk aktor resolusi konflik dengan melatih penyuluh dan penghulu supaya memiliki kompetensi sebagai first responder atas potensi konflik sosial berdimensi agama. Lalu memberikan Bimtek Natural Peee Educator bagi kepala KUA.

"Bimas Islam telah memfasilitasi pertemuan bagi kepala KUA lintas generasi angkatan revitalisasi 2021 hingga 2024 pada Juni lalu. Pertemuan itu bertujuan memperkuat kapasitas SDM KUA dengan menerapkan skema Natural Peer Educator (pendidik teman sebaya)," paparnya. 

Topik Menarik