Hari Batik Nasional 2024, Ternyata Ada Warisan Budaya RI yang Hampir Punah

Hari Batik Nasional 2024, Ternyata Ada Warisan Budaya RI yang Hampir Punah

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 07:25
share

JAKARTA - Indonesia merayakan Hari Batik Nasional 2024 hari ini. Warisan budaya ini harus benar-benar dijaga karena ada yang hampir punah.

Batik Tuban merupakan salah satu warisan budaya khas Indonesia yang hampir punah. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya melestarikan batik Tuban yang berasal dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Ketua Yayasan Batik Indonesia, Gita Pratama Kartasasmita menjelaskan, batik Tuban dikenal unik karena proses produksinya masih menggunakan teknik tradisional. Warnanya natural dari bahan alami seperti akar, daun, dan kulit kayu.

"Batik Tuban juga memiliki ciri desain yang terinspirasi dari kehidupan masyarakat pesisir, serta simbol budaya lokal yang penuh makna," katanya, Selasa (2/10/2024).

Namun, lanjut Gita, keberadaan Batik Tuban saat ini terancam punah. Penyebab utamanya karena terbatasnya jumlah produsen batik tradisional yang tersisa dan persaingan dalam target pasar batik saat ini.

"Batik Tuban yang menjadi salah satu identitas budaya lokal kini menghadapi tantangan besar untuk bertahan di tengah gelombang modernisasi," ujarnya.

Oleh karena itu, tanpa upaya serius untuk melestarikannya, baik melalui pembinaan generasi muda maupun pengembangan pasar, Batik Tuban berisiko kehilangan eksistensinya sebagai warisan budaya Indonesia.

Gita pun membuat rencana ambisius untuk menghidupkan kembali semangat pemerintah Kabupaten Tuban untuk meregister hak-hak mereka dalam mendapatkan pengakuan dari Kementerian Hukum dan HAM, dan nantinya akan berlanjut ke internasional.

“Jadi kita mengangkat tahun ini batik Tuban. Beban itu adalah dalam upaya supaya pemerintah Kabupaten Tuban untuk segera meregister hak-haknya,” ucapnya.

Topik Menarik