SPECIAL REPORT: Shin Tae-yong Berburu Pemain demi Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

SPECIAL REPORT: Shin Tae-yong Berburu Pemain demi Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

Terkini | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 12:03
share

SHIN Tae-yong menyaksikan laga Liga 1 dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Pelatih 53 tahun itu menegaskan tak menutup kemungkinan memanggil pemain baru dari Liga 1 untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Pastinya akan dipantau terus untuk liga 1 dan jika ada pemain baru yang bagus, pintu Timnas Indonesia selalu terbuka," tegas Shin Tae-yong kepada awak media, termasuk Okezone di Jakarta, Kamis, 26 September 2024.

(Shin Tae-yong berburu pemain untuk Timnas Indonesia. (Foto: Okezone)

Shin Tae-yong memang tak asal bicara. Dipanggilnya Malik Risaldi ke skuad Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2024 menjadi contohnya. Performa apik bersama Madura United di Liga 1 2023-2024, membuat winger 27 tahun itu mendapat kesempatan untuk laga melawan Irak dan Filipina.

Namun, tak cuma pemain-pemain dari Liga 1. Pelatih asal Korea Selatan itu juga memburu pemain keturunan yang berkarier di luar negeri. Kehadiran pemain-pemain keturunan ini terbukti mendongkrak performa Timnas Indonesia.

Keberhasilan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia merupakan contohnya. Terbaru, keberadaan Maarten Paes dan kawan-kawan membantu Timnas Indonesia menahan dua tim langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia, di dua matchday awal Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sayangnya, ketika Shin Tae-yong berupaya memperkuat Timnas Indonesia lewat perpaduan pemain Liga 1 dan diaspora, ada saja yang melemparkan kritikan. Anggota Exco NOC Indonesia, Hifni Hasan, mengkritik Shin Tae-yong yang terlalu banyak membawa pemain naturalisasi ke Timnas Indonesia.

“Pertama saya mau berbicara tentang coach Shin Tae-yong. Jadi saya orang yang paling keras untuk masalah naturalisasi. Saya coba memberitahu kepada beliau, jangan terlalu banyak pemain naturalisasi dibawa ke tubuh sepakbola Indonesia," kata Hifni Hasan saat memberi sambutan di acara Santini Jebreeetmedia Awards 2024, kebetulan Shin Tae-yong juga hadir di acara tersebut.

Lantas, apa respons Shin Tae-yong menyikapi komentar Hifni Hasan yang baru-baru ini mendapat ultimatum dari NOC Indonesia karena komentarnya?

(Shin Tae-yong meminta memandang positif proyek naturalisasi di Timnas Indonesia. (Foto: Cikal Bintang/MPI)

"Sekarang kita bisa lihat sendiri masyarakat dan fans sepakbola Indonesia pada bahagia pastinya (dengan kehadiran pemain naturalisasi di skuad Timnas Indonesia). Mungkin dengan adanya pemain naturalisasi kita bisa memosisikan diri kita sekarang," kata Shin Tae-yong.

"Kalau performa kami lebih naik lagi, kami tidak akan mudah dikalahkan oleh siapa pun. Jadi, memang ada yang bilang (proyek naturalisasi) menyusahkan pemain lokal, tapi tolong jangan ada yang salah sangka. Kalau kita bisa naik peringkat 50 dunia, mungkin sepakbola Indonesia tidak akan mudah dikalahkan," lanjut Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong pun meminta orang-orang yang membenci proyek naturalisasi untuk melihat lebih luas lagi. Bukan tak mungkin berkat kehadiran Mees Hilgers dan kawan-kawan, Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia.

"Tolong sekarang melihat dengan sudut pandang yang lebih besar. Kalau kita bisa lolos ke Piala Dunia otomatis sepakbola kita semakin besar. Kami berpotensi menjadi tim yang paling kuat di Asia," lanjut mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini.

Topik Menarik