Seorang Wanita Bunuh Diri di <i>Suicide Pod</i>, Sejumlah Orang Ditangkap

Seorang Wanita Bunuh Diri di Suicide Pod, Sejumlah Orang Ditangkap

Global | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 15:57
share

SWISS - Polisi di Swiss melakukan beberapa penangkapan setelah seorang wanita dilaporkan mengakhiri hidupnya menggunakan apa yang disebut kotak bunuh diri atau 'suicide pod'. Kasus bunuh ini disebut-sebut sebagai kasus pertama dari jenisnya.

Polisi di wilayah Schaffhausen menangkap beberapa orang atas dugaan menghasut, membantu, dan bersekongkol untuk bunuh diri setelah dia dilaporkan meninggal dengan menggunakan kotak yang dibuat oleh perusahaan Sarco pada Senin (23/9/2024).

Meskipun bantuan kematian dilindungi secara hukum dalam beberapa keadaan di Swiss, namun hal itu diatur secara ketat dan kotak Sarco telah menghadapi pertentangan.

Petugas menemukan perangkat dan jenazah di tempat kejadian. Perusahaan di balik kotak kontroversial itu mengatakan bahwa kotak itu dapat dioperasikan sendiri oleh orang yang ingin mengakhiri hidupnya sendiri, tanpa pengawasan medis.

Polisi mengatakan bahwa kotak itu digunakan pada Senin (23/9/2024) di sebuah gubuk hutan di daerah Merishausen, bagian Swiss yang jarang penduduknya di perbatasan Jerman.

Polisi mengatakan bahwa mereka diberi tahu oleh sebuah firma hukum tentang bunuh diri yang melibatkan perangkat itu. Jumlah orang yang ditangkap dan identitas mereka tidak diungkapkan. Almarhum juga tidak disebutkan namanya.

 

Pada bulan Juli, kelompok pro-bantuan kematian, yang mempromosikan perangkat Sarco, mengatakan bahwa mereka mengantisipasi bahwa perangkat itu akan digunakan untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Pendukung mengatakan bahwa perangkat itu menyediakan pilihan yang tidak bergantung pada obat-obatan atau dokter, dan bahwa perangkat itu memperluas akses ke eutanasia karena perangkat portabel tersebut dapat dicetak 3D dan dirakit di rumah.

Namun, ada juga penentangan di Swiss, meskipun negara itu memiliki beberapa undang-undang paling protektif di dunia seputar bantuan kematian.

Para kritikus khawatir desain perangkat yang modern mengagungkan bunuh diri dan fakta bahwa perangkat itu dapat dioperasikan tanpa pengawasan medis sehingga sangat mengkhawatirkan.

Seperti diketahui, bantuan kematian adalah ilegal di Inggris dan di sebagian besar negara Eropa lainnya. Namun ribuan orang telah melakukan perjalanan ke Swiss selama bertahun-tahun untuk mengakhiri hidup mereka sendiri.

Topik Menarik