Suplemen Herbal hingga Makan Makanan Kaya Vitamin, Tips Jaga Imun Anak di Cuaca Ekstrem

Suplemen Herbal hingga Makan Makanan Kaya Vitamin, Tips Jaga Imun Anak di Cuaca Ekstrem

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 20:30
share

BEBERAPA waktu belakangan ini cuaca di Jabodetabek dan sekitarnya sedang begitu tak menentu. Siang hari diterpa cuaca yang semakin panas, namun menjelang sore dan malam hari bisa mendadak hujan deras.

Menurut prediksi BMKG bahkan selama satu pekan ini, Jakarta dan sekitarnya akan diguyur hujan deras. Kondisi cuaca ekstrem seperti ini, jadi tantangan besar bagi kesehatan anak-anak, karena di suhu ekstrem daya tahan tubuh anak lebih mudah melemah, meningkatkan risiko dehidrasi dan infeksi.

Menjaga kesehatan anak di kondisi cuaca ekstrem seperti ini, tak cukup hanya dengan makan makanan sehat bergizi seimbang tapi juga bisa ditambah dengan konsumsi tambahan suplemen yang tepat.

Nutrisi yang seimbang dan perlindungan dari dalam, menjadi kunci utama dalam menjaga imunitas anak tetap sehat tak gampang jatuh sakit, apalagi anak, seperti disebutkan dr. Ngabila Salama, MKM,   memang lebih rentan kena  dehidrasi dan infeksi terutama saat cuaca panas.

“Suhu tinggi memang bisa  melemahkan daya tahan tubuh, sehingga penting untuk memastikan bahwa anak-anak dapat asupan nutrisi dan hidrasi yang memadai sebagai langkah awal untuk memperkuat sistem imun anak,” jelas dr. Ngabila

Ia juga merekomendasikan konsumsi suplemen herbal contohnya yang mengandung bahan-bahan alami seperti temulawak, dan meniran yang terkenal sejak dulu bisa bantu meningkatkan imunitas tubuh.  Ini bisa tambahan yang bermanfaat dalam mendukung kesehatan anak.

 

“Ini bisa diberikan dengan aman kepada anak, namun tetap perlu dipastikan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan dan selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan suplemen kepada anak,” sambungnya, dikutip dari siaran media Oxyvit Kidz Suplement Herbal, Selasa (24/9/2024)

Ia juga menegaskan, para orang tua harus sangat memerhatikan pola makan anak, terutama dalam memilih makanan yang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, D, dan Zinc.

Sayuran hijau, buah-buahan seperti jeruk dan stroberi, serta kacang-kacangan  bisa jadi sumber nutrisi yang sangat baik. Pastikan juga anak cukup minum air mineral sepanjang hari,  mencegah risiko dehidrasi.

“Bisa juga melakukan beberapa langkah sederhana,  seperti memastikan anak cukup istirahat, serta menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Pilih pakaian yang ringan dan menyerap keringat untuk kenyamanan anak,” katanya lagi.

Dengan kombinasi nutrisi yang baik, hidrasi yang cukup, dan dukungan dari suplemen herbal, anak-anak dapat tetap sehat dan aktif,” pungkas dr. Ngabila.

Topik Menarik