Jelang Jamu Timnas Indonesia, PSSI-nya China Hukum 38 Pemain karena Terlibat Pengaturan Skor!

Jelang Jamu Timnas Indonesia, PSSI-nya China Hukum 38 Pemain karena Terlibat Pengaturan Skor!

Terkini | okezone | Senin, 23 September 2024 - 11:02
share

JELANG menjamu Timnas Indonesia, PSSI-nya China (CFA) menghukum 38 pemain karena terlibat pengaturan skor. Mengutip dari South China Morning Post, pengaturan skor ini terjadi di Liga Super China dan Liga 2 China, yang tercipta paling banyak pada 2021 dan 2022.

Tercatat ada 120 pertandingan yang skor pertandingannya sudah diatur dan melibatkan 41 klub. Hukuman yang diterima para pemain pun beragam, mulai dari larangan main selama dua tahun hingga seumur hidup.

(Sepakbola China sedang tidak baik-baik saja)

Banyaknya praktik pengaturan skor ini disinyalir menjadi penyebab tak kunjung majunya sepakbola China. Setelah lolos ke Piala Dunia 2002 dan melaju ke final Piala Asia 2004, prestasi sepakbola China cenderung menurun.

Bahkan ketika memiliki liga terbaik di Asia pada 2010-an awal, prestasi Timnas China tak bisa dibanggakan. Performa Timnas China di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia juga masuk kategori memalukan.

Di laga pertama, China dihajar Jepang 0-7 di kandang lawan. Kemudian di matchday kedua, China tumbang 1-2 dari Arab Saudi di kandang sendiri. Kekalahan dari Arab Saudi layak dikritisi. Selain karena bermain di kandang sendiri, Arab Saudi juga bermain 10 orang sejak menit 33.

“Sepakbola China mengalami kesulitan selama bertahun-tahun, padahal presiden Xi Jinping dikenal sebagai penggila bola. China juga memulai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan cara yang buruk, yakni kalah 0-7 dari Jepang dan 1-2 kontra Arab Saudi,” tulis South China Morning Post.

Topik Menarik