Jokowi Sambut Baik Rencana Prabowo Bentuk Zaken Kabinet, Bisa Langsung Kerja Usai Dilantik

Jokowi Sambut Baik Rencana Prabowo Bentuk Zaken Kabinet, Bisa Langsung Kerja Usai Dilantik

Nasional | okezone | Sabtu, 21 September 2024 - 13:30
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik rencana Presiden terpilih Prabowo Subianto membentuk zaken kabinet yang menterinya diisi para ahli, bukan representasi partai politik tertentu. Menurutnya hal itu bisa mendorong pemerintah bekerja lebih cepat.

“Bagus sekali, artinya memang kabinet yang bekerja, kabinet yang setelah dilantik akan segera bergerak, bekerja dan tidak menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu. Saya rasa bagus sekali. Saya yakin kabinet (Prabowo) akan sangat bagus sekali,” kata Jokowi kepada pers usai menjamu Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Zaken kabinet adalah kabinet diisi kalangan ahli. Ini pernah dibentuk oleh Presiden Soekarno pada 1957 dengan nama Kabinet Djuanda. 

Menurut Jokowi, soal jumlah menteri di kabinet Prabowo merupakan hak prerogatifnya sebagai Presiden yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024. Isu yang beredar jumlah kabinet Prabowo akan lebih banyak dibandingkan dengan kabinet Jokowi. “Itu hak prerogatif presiden terpilih,” tegas Jokowi.

Pembentukan zaken kabinet Prabowo sebelumnya diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Menurutnya kabinet Prabowo-Gibran diisi figur menteri dari profesional yang ahli dalam bidang tertentu meski diusulkan dari partai.

“Pak prabowo ingin ini adalah sebuah pemerintahan zaken kabinet. Di mana yang duduk adalah orang-orang yg ahli di bidangnya, meskipun yang bersangkutan berasal atau diusulkan dari partai politik,” kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 9 September 2024.

Dengan begitu, kata Muzani, tidak ada kehilangan relevansi terkait kepakaran calon menteri dengan nomenklatur yang akan diduduki. “Sehingga tidak kehilangan relevansinya di jabatan yang diduduki, karena yang bersangkutan memiliki keahlian dari jabatan yang disandang,” ucapnya. 

Topik Menarik