Klarifikasi ke KPK, Kaesang Dinilai Tunjukkan Etika yang Baik

Klarifikasi ke KPK, Kaesang Dinilai Tunjukkan Etika yang Baik

Berita Utama | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 14:24
share

JAKARTA - Pengamat Politik Citra Institute Efriza mengatakan sikap Ketum PSI Kaesang Pangarep mendatangi KPK untuk mengklarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi, menunjukkan etika yang baik sebagai warga negara.

"Kaesang memang wajib menunjukkan etika yang baik dan menunjukkan sikap sebagai warga negara yang baik. Ia harus mengklarifikasi dugaan gratifikasi dirinya dan istrinya dalam kasus ke Amerika Serikat dengan jet pribadi. Sebab bagaimanapun ia bukan warga negara biasa, ia anak bungsu dari Presiden Jokowi," kata Efriza kepada wartawan, Jumat (20/8/2024).

Sikap Kaesang, kata dia, akan mempengaruhi persepsi publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan ayah dari Kaesang. Jangan sampai sikap diam dan pasifnya Kaesang malah memberikan citra buruk kepada Presiden Jokowi diakhir kepemimpinannya dalam dua periode.

 

"Karena gagal mendidik anaknya untuk tak memanfaatkan pengaruh dan kekuasan ayahnya yang seorang presiden dalam melakukan hal-hal yang bersifat pribadi," katanya.

Kehadiran Kaesang ke KPK dinilai lebih banyak membangun citra positif untuk dirinya, ayahnya, dan PSI. "Publik juga akan bersimpatik tinggi terhadap Kaesang dan juga sentimen positif untuk KPK dan Presiden Jokowi karena kehadiran Kaesang konfirmasi kasus gratifikasi," sambungnya.

Citra politik Kaesang akan baik begitu juga nama baiknya pulih, jika ternyata KPK menghasilkan keputusan Kaesang tidak bersalah dalam kasus gratifikasi tersebut. "PSI juga bisa tenang karena tidak dirundung permasalahan yang membelit ketua umumnya," ujarnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Kaesang mengaku soal jet pribadi yang digunakan ke AS bersama sang istrinya bukan miliknya pribadi. Menurut dia, dirinya dan sang istri hanya menumpangi jet pribadi tersebut dengan status nebeng.

“Penggunaan pesawat itu (jet pribadi) saya numpang atau bahasa bekennya nebeng, nebeng pesawatnya teman saya,” jelas Kaesang kepada awak media di Gedung Lama milik KPK, Jakarta.

Topik Menarik