Nebeng Jet Pribadi Teman, Kubu Kaesang Sebut Ada 8 Penumpang saat Ke Amerika

Nebeng Jet Pribadi Teman, Kubu Kaesang Sebut Ada 8 Penumpang saat Ke Amerika

Nasional | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 14:34
share

JAKARTA - Kuasa Hukum Kaesang Pangarep, Nasrullah menyatakan jumlah penumpang di dalam pesawat jet pribadi yang dinaiki Kaesang Pangarep ke Amerika Serikat (AS) berjumlah delapan orang. Dia menegaskan keterangan itu sudah disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Misalkan di pesawat itu ada delapan orang penumpang, empat orang dari pemilik pesawat dan empat orang dari Mas Kaesang. Mereka berangkat bersamaan dari Jakarta ke Amerika," kata Nasrullah melalui keterangan tertulisnya, Rabu (18/9/2024). 

Terkait hal itu, Nasrullah menegaskan dalam perjalanan yang dimaksud, jet pribadi itu bukan hanya ditumpangi Kaesang dan istrinya. Semua data perjalanan tersebut sudah disampaikan ke KPK. 

"Semua data dan informasi sudah kami sampaikan ke KPK. Mohon jangan berspekulasi tanpa mengkonfirmasi kepada KPK," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau ACLC, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024). Kaesang mengklaim kehadirannya atas inisiatif sendiri untuk klarifikasi dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi. Dia mengaku hanya 'nebeng' jet pribadi milik teman saat ke Amerika Serikat (AS).

"Jadi hari ini, kedatangan saya ke KPK, sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat. Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," kata Kaesang di Gedung ACLC, Selasa (17/9/2024).

Sementara itu, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyatakan teman Kaesang yang memberikan tumpangan ke Amerika berinisial Y.  Menurutnya, hal itu disampaikan Kaesang saat mengisi formulir untuk melakukan klarifikasi ke Gedung KPK.

"Inisial Y, kalau tak salah depannya," kata Pahala, Selasa.

 

Jokowi Buka Suara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga buka suara usai anaknya, Kaesang  mendatangi Gedung KPK. Jokowi menekankan bahwa semua warga negara sama di mata hukum termasuk dalam hal ini anak bungsunya.

"Saya kan sudah menyampaikan semua warga negara sama di mata hukum ya. Itu aja," kata Jokowi kepada wartawan, Rabu (18/9/2024).

Topik Menarik