Peristiwa 18 September: Pemberontakan PKI di Madiun hingga Meninggalnya Jimmy Hendrix

Peristiwa 18 September: Pemberontakan PKI di Madiun hingga Meninggalnya Jimmy Hendrix

Nasional | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 06:04
share

BERBAGAI peristiwa terjadi setiap hari di berbagai penjuru dunia, termasuk setiap tanggal 18 September. Untuk kembali mengingat berbagai peristiwa bersejarah di tanggal ini, Okezone mengulas beberapa peristiwa yang paling menyedot perhatian.

1948 - Peristiwa Madiun

Pemberontakan PKI pada 1948 atau dikenal sebagai peristiwa Madiun merupakan pemberontakan kelompok komunis yang tergabung dalam Front Demokrasi Rakyat (FDR). Ada empat kelompok yang tergabung dalam FDR yakni PKI, Partai Sosialis Indonesia (PSI), Partai Buruh Indonesia (PBI), dan Pemuda Rakyat dan Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (Sobsi).

Pemberontalan ini diawali dengan jatuhnya Amir Sjarifuddin sebagai kabinet setelah Perjanjian Renvile. Kemudian lahirlah kabinet baru dengan di komandoi oleh Mohammad Hatta sebagai perdana menteri namun tidak disetujui Amir.

Kemudian seorang tokoh komunis Muso menawarkan gagasan yang disebutnya 'Jalan Baru untuk Republik Indonesia'. Musso kemudian menggelar rapat raksasa di Yogya. Di sini dia melontarkan pentingnya kabinet presidensial diganti jadi kabinet front persatuan.

Untuk menyebarkan gagasannya, Musso beserta Amir dan kelompok-kelompok kiri lainnya berencana untuk menguasai daerah-daerah yang dianggap strategis di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu Solo, Madiun, Kediri, Jombang, Bojonegoro, Cepu, Purwodadi, dan Wonosobo. Penguasaan itu dilakukan dengan agitasi, demonstrasi, dan aksi-aksi pengacauan lainnya.

Mengetahui hal itu, pemerintah langsung memerintahkan kesatuan-kesatuan TNI yang tidak terlibat adu domba untuk memulihkan keamanan di Surakarta dan sekitarnya. Operasi ini dipimpin oleh kolonel Gatot Subroto.

1786 - William Herschel Menemukan Galaksi NGC 14

Sir Fredrick Wilkiam Herschel merupakan seorang astronom dan komponis asal Jerman-Inggris yang terkenal karena menemukan planet Uranus. Ia juga menemukan radiasi inframerah dan melakukan penemuan lainnya di bidang ekonomi.

Selain menemukan itu William juga dikenal sebagai penemu galaksi NGC 14 yang merupakan galaksi tidak beraturan di rasi bintang pegasus.

 

1970 - Musisi Jimi Hendrix Meninggal Dunia

Siapa yang tak kenal dengan James Marshall atau yang biasa dikenal dengan Jimi Hendrix. Musisi asal Amerika Serikat ini terkenal dengan permainan gitarnya. Bahkan permainan gitar Jimi juga disebut-sebut sebagai salah satu orang yang berpengaruh dalam sejarah musik rock.

Topik Menarik