KPK: Kedatangan Kaesang Inisiatif Pribadi, Enggak Pernah Kirim Surat

KPK: Kedatangan Kaesang Inisiatif Pribadi, Enggak Pernah Kirim Surat

Nasional | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 20:51
share

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan kedatangan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep adalah inisiatif pribadi. Kaesang datang meminta nasihat dan masukan terkait tudingan dirinya menerima gratifikasi atas penggunaan jet pribadi.

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengatakan, pihaknya tidak pernah berkirim surat ataupun undangan untuk mengklarifikasi kasus dugaan gratifikasi jet pribadi kepada Kaesang.

“Ini inisiatif yang bersangkutan, menurut deputi pencegahan, jadi kita enggak pernah kirim surat untuk klarifikasi atau apapun itu,” katanya di Jakarta, Selasa (17/6/2024).

Saat di KPK, Kaesang mengisi form penerimaan gratifikasi sesuai dengan prosedur. Selain itu, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga dimintai sejumlah keterangan tambahan serta dokumen.

“Prosedur yang pertama yang kita lakukan adalah meminta keterangan tambahan tentang kronologi dari apa yang dilaporkan sebagai penerimaan gratifikasi dalam status sebagai anak penyelenggara negara,” ujarnya.

Pahala menerangkan, KPK memiliki waktu 30 hari untuk memproses data serta keterangan dari Kaesang. Sebelum akhirnya, KPK akan menetapkan apakah penggunaan jet pribadi Kaesang merupakan gratifikasi atau bukan.

“Apakah ini milik negara atau pemilik yang bersangkutan kalau milik negara maka dinilai gitu ya fasilitas itu berapa nilainya dan nanti akan diganti dalam bentuk uang tapi kalau dibilang ini milik yang bersangkutan Ya sudah laporannya ya begitu saja gitu bahwa ini ditetapkan sebagai milik yang bersangkutan jadi 30 hari paling lama kita akan tetapkan,” tuturnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep mengaku diberi tumpangan jet pribadi oleh temannya berinisial Y saat pergi ke Amerika Serikat. Terkait hal itu, KPK bakal melakukan konfirmasi langsung ke sosok yang belum diketahui identitasnya tersebut. 

“Kita lihat ya, kita lihat apakah benar begitu. Kita konfirmasi pasti,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan.

Pahala tidak merinci detail teman yang memberi tumpangan jet pribadi ke Kaesang. Dia berkata, anak bungsu Jokowi itu hanya mengungkap nama temannya.

“Enggak disebut detail siapa, cuma nama gitu. Kita juga nggak tahu,” ujar dia.
 

Topik Menarik