KPK Berpeluang Minta Klarifikasi Jokowi Terkait Kaesang Pakai Jet Pribadi ke AS

KPK Berpeluang Minta Klarifikasi Jokowi Terkait Kaesang Pakai Jet Pribadi ke AS

Nasional | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 17:42
share

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka peluang meminta klarifikasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait putra bungsunya Kaesang Pangarep menggunakan jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat (AS). 

Hal itu disampaikan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan saat menjelaskan soal kedatangan Kaesang Pangarep yang juga Ketua Umum PSI ke KPK untuk mengklarifikasi penggunaan jet pribadi saat pergi ke AS bersama istrinya, Erina Gudono.

Menurut Pahala Nainggolan, Kaesang memberikan klarifikasi dalam kapasitasnya sebagai anak penyelenggara negara. "Di formulir disebut Kaesang melapor sebagai anak PN (penyelenggara negara)," kata Pahala Nainggolan kepada wartawan di Gedung ACLC KPK Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Pahala menyebutkan, pihaknya tak menutup peluang untuk turut meminta klarifikasi terhadap Presiden Jokowi terkait masalah ini. Namun, hal tersebut belum dapat dipastikan.

"Ya ada lah. Namanya belum tentu kan bisa jadi iya, bisa jadi nggak, gitu ya. Tapi enggak spekulasi lah yang gitu-gituan, kita lihat aja gitu," jelas dia

Sebelumnya, Kaesang Pangarep mengaku bahwa bahwa jet pribadi yang ditumpanginya ke AS merupakan milik seorang rekannya.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK.

 

Namun, Kaesang tak menyebutkan sosok dari rekannya tersebut. "Jadi intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK untuk lebih detilnya dan lebih lanjutnya," jelasnya.

Perihal Kaesang pakai jet pribadi ke AS viral di media sosial dan menuai kritik. Postingan ini lantas mengundang rasa penasaran netizen. Warganet menduga Kaesang dan Erina menyewa pesawat jet pribadi mewah. Hal ini terlihat saat Erina memamerkan view jendela pesawatnya.

KPK akhirnya menanggapi keluhan publik dengan mendalami dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi oleh Kaesang tersebut.

Topik Menarik