Jak Japan Matsuri 2024 Dimeriahkan Kuil Mikoshi, Dibawa Langsung dari Jepang

Jak Japan Matsuri 2024 Dimeriahkan Kuil Mikoshi, Dibawa Langsung dari Jepang

Terkini | okezone | Minggu, 15 September 2024 - 16:00
share

PAMERAN budaya Jepang kembali digelar di Indonesia bernama Jak-Japan Mitsuri 2024. Pameran ini berlangsung di Parkiran Timur Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada 14-15 September. 

Salah satu yang ditampilkan dalam pameran adalah Tradisi Mikoshi yang menjadi cara masyarakat Jepang untuk mengucap syukur atas masa panen dan berakhirnya musim panas. Tradisi ini memperlihatkan kuil yang diarak dengan cara dipikul oleh puluhan orang. Dipercaya, kuil ini memiliki nilai religi sebagai tunggangan para dewa.

Setidaknya, ada tiga kuil yang ada di Jak Japan Matsuri. Kuil ini dibawa langsung dari Jepang dan memiliki berat yang beragam. Untuk kuil utama dengan ukuran paling besar, memiliki berat 1,2 ton dan dibawa oleh 70 hingga 80 pria dewasa.

Jak Japan Matsuri 2024. (Foto: Okezone/ Fadli Ramadhan)

Sedangkan kuil kedua memiliki berat sekitar 500-600 kilogram dengan dua orang wanita yang naik diatasnya, dan dipikul oleh sekitar 50 wanita. Sementara untuk kuil paling kecil dengan berat 100 kilogram, dipikul oleh 30 anak-anak dengan bantuan dua orang dewasa.

Para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung kuil tersebut karena dipamerkan di tempat terbuka. Tapi, pengunjung tidak diperbolehkan menyentuh dan mencoba memikul kuil tersebut untuk menghormati tradisi negara lain.

Tapi, para pengunjung memiliki kesempatan untuk melihat, bahkan ikut memikul mikoshi, ketika kuil tersebut diarak. Pengunjung yang ingin hadir ke Jak-Japan Mitsuri 2024 dapat membeli tiket seharga Rp50 ribu per orang.

Topik Menarik